HELMY JAWAHIR KRITIK MAHASISWA TERKAIT KEMAMPUAN GUNAKAN METODOLOGI PENELITIAN

“MAHASISWA SAAT INI TAK MENGETAHUI TEKNIK PENULISAN ILMIAH DENGAN BENAR MENGGUNAKAN METODOLOGI PENELITIAN.”

SIARINDOMEDIA.COM – Kita sering mendengar kini bermunculan banyaknya jasa “joki” mengerjakan tugas skripsi dan sebagian besar mahasiswa memanfaatkan jasa tersebut. Mungkin mereka enggan mengerjakan tugas akhir sendiri dikarenakan sulitnya merumuskan data penelitian ataupun tidak memahami tata cara maupun teknik ilmu Metodologi Penelitian.

Metodologi Penelitian sendiri adalah sebuah disiplin ilmu yang sangat penting bagi mahasiswa, dikarenakan hal ini menjadi bagian dari tugas akhir mahasiswa dalam menentukan lulus atau tidaknya lewat penelitian mereka.

Sayangnya, banyak mahasiswa yang ternyata tidak atau kurang memahami betul pentingnya metodologi penelitian untuk studi mereka.

Kritik ini diungkapkan Dr. Achmad Helmy Djawahir. SE.,MM (70), seorang pakar ilmu Metodologi Penelitian sekaligus mantan dosen Universitas Brawijaya.

“Selain mahasiswa kurang memahami mata kuliah ini, mahasiswa juga berpikiran bahwa mata kuliah ini tidak begitu penting untuk kelulusan mereka,” ujarnya pada reporter siarindomedia.com, Rabu (1/3/2023).

Helmy juga menyatakan bahwa selain kurangnya pemahaman mahasiswa tentang tata cara penulisan karya ilmiah yang benar, seorang pengajar ilmu Metodologi Penelitian pun harus sangat memahami ilmu penelitian tersebut.

Link Banner

Ditambahkan pria yang sudah lima tahun pensiun sebagai dosen UB ini, hasil sebuah karya penelitian ilmiah sangat diharuskan agar tidak memiliki kesalahan sama sekali (zero fault). Semakin bagus mahasiswa menguasai ilmu Metodologi Penelitian, maka akan semakin baik pula Metodologi Penelitian yang dikuasai untuk penulisan tugas skripsi mereka.

Oleh sebab itu Helmy mengadakan pelatihan penulisan Metodologi penelitian yang dilembagai oleh Siarindo Media dan akan diselanggarakan pada  Sabtu, 11 Maret 2023.

Acara ini nantinya bertujuan menarik serta mengedukasi para mahasiswa-mahasiswa S1, S2, bahkan S3, untuk sama-sama belajar tentang tata cara penulisan Metodologi Penelitian yang benar. Materi yang akan disampaikan dalam pelatihan ini mengenai, dasar operasional penelitian, perlengkapan operasional penelitian, dsn peralatan operasional penelitian.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *