PENTINGNYA METODOLOGI PENELITIAN BAGI MAHASISWA

SIARINDOMEDIA.COM – Kritikan Helmy Jawahir menyangkut kemampuan kebanyakan mahasiswa yang tidak atau kurang mampu memaksimalkan metodologi penelitian dalam studinya, cukup beralasan. Apalagi metodologi penelitian menjadi salah satu mata kuliah wajib yang memiliki bobot 2 SKS bagi setiap program studi.

Metodologi penelitian membahas pengetahuan tentang dasar-dasar metode penelitian ilmiah, langkah-langkah penelitian ilmiah, penyusunan proposal, pelaksanaan penelitian, hingga penyusunan laporan penelitian serta presentasi dengan didasarkan pada cara berfikir dan kaidah-kaidah ilmiah.

Banyak sekali kegunaan metodologi penelitian, diantaranya:

  1. Memperoleh pengetahuan atau penemuan baru;
  2. Dapat dimanfaatkan untuk membuktikan atau menguji kebenaran yang telah ada;
  3. Membantu dalam mengembangkan pengetahuan lebih kaya dan lebih banyak.

Bahkan setiap mahasiswa tingkat akhir baik jenjang S1, S2, dan S3 diwajibkan untuk membuat karya ilmiah sebagai salah satu syarat kelulusan yang mana dalam penyusunannya tidak lepas dengan peran metodologi penelitian.

Link Banner

Namun sayangnya tidak sedikit mahasiswa yang merasa kesulitan dalam memahami metodologi penelitian meskipun telah mendapat mata kuliah ini sebelumnya.

Penelitian yang dilakukan Novianty (2019) mengungkapkan bahwa hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian pada beberapa mahasiswa mendapatkan nilai yang kurang memuaskan.

Menurutnya hal ini bisa jadi disebabkan kurangnya motivasi mahasiswa dalam pelaksanaan perkuliahan dan kurangnya kedisiplinan mahasiswa dalam pelaksanaan perkuliahan.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *