PENGUSAHA PERTASHOP ANCAM KEPUNG ISTANA

SIARINDOMEDIA.COM – Para pengusaha Pertashop yang tergabung dalam berbagai asosiasi geram. Mereka merasa jadi korban dari kebijakan pemerintah yang tidak mendukung penjualan pertamax.

Selama lebih dari setahun, penjualan di hampir semua Pertashop turun drastis. Sehingga sebanyak 71 persen dari 6.400 unit pertashop bangkrut. Artinya ada sekitar 4.600 unit Pertashop mengalami kebangkrutan. Ini buntut adanya jarak harga bahan bakar antara pertamax dengan pertalite yang terlalu jauh. Sehingga konsumsen lebih memilih pertalite yang jauh lebih murah daripada pertamax. Padahal Pertashop hanya dibolehkan jualan pertashop.

Dengan kondisi ini, para pengusaha pertashop yang tergabung dalam Paguyuban Pengusaha Pertashop Jateng-DIY (P2PJD), Serikat Pengusaha Retail Indonesia Minyak dan Gas (Sprindo Migas) dan Himpunan Pengusaha Pertashop Indonesia (HIPSI) telah bergerak menggelar demonstrasi ke Pertamina dan DPR RI, Rabu 10 Juli 2024.

Mereka menyuarakan jeritan hati karena harus menanggung beban kredit perbankan.

Link Banner

Aksi Demonstrasi 10 Juli 2024 dapat menjadi lebih besar dan akan eskalasi ke Istana jika tidak terlihat kesungguhan penyelamatan dari Pertamina ataupun dari DPR RI.

Pada aksi  pada 10 Juli 2024, mereka juga beraksi di depan gedung Grha Pertamina. Ada 20 orang dari asosiasi Pertashop bersatu yang diterima dewan direksi Pertamina, di antaranya Brahmantya Setyamurti (Corporate Secretary PT. Pertamina), Mars Ega (Direktur Pemasaran PT. Pertamina Patra Niaga) dan Irto Ginting (Corporate Secretary PT. Pertamina Patra Niaga).

Para Direksi Pertamina dengan Asosiasi Pertashop Bersatu menghasilkan kesepakatan dibentuknya Project Management Office (PMO) yang berisikan 3 orang Pertamina Patra Niaga yaitu Ekoricky, Mardian, Agung N Putro dan 3 Ketua Umum dari masing-masing asosiasi Pertashop yaitu Sadewo dari P2PJD, Ali dari Sprindo Migas dan Wawan dari HIPSI yang mana PMO bertugas mengawal dan merealisasikan 10 tuntutan aksi demonstrasi 10 Juli 2024.

Pengusaha Pertashop bertemu dengan direksi Pertamina
CAPAI 3 KESEPAKATAN. Perwakilan pengusaha Pertashop bertemu dengan Direksi Pertamina. Foto: Ist

Dalam demo di gedung DPR RI, ketua panitia aksi, Gunadi Broto Sudarmo, menerangkan, pihaknya menagih janji Komisi VII yang tahun 2023 terkait disparitas harga BBM. Gunadi pun siap melakukan aksi lebih besar jika tuntutannya tetap tidak digubris oleh DPR.

“Apabila aksi ini belum mendapat tanggapan yang baik, kami siap untuk menjalankan aksi selanjutnya yang lebih besar dan akan kami lakukan di istana,” tegas Gunadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *