LULUSAN PPG PPKN UNIKAMA TERBITKAN BUKU ‘SECANGKIR KOPI PAGI’

PENYERAHAN BUKU KEPADA REKTOR UNIKAMA BERSAMAAN DENGAN PELEPASAN DAN SUMPAH GURU PROFESIONAL

SIARINDOMEDIA.COM – Lulusan PPG Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) secara simbolis menyerahkan Buku ‘Secangkir Kopi Pagi’ kepada Rektor Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), Dr. Sudi Dul Aji, M.Si., di Auditorium Multikultural, Sabtu (6/7/2024). Penyerahan buku dilakukan bersamaan dengan Pelepasan dan Sumpah Profesi Guru Profesional Pendidikan Profesional Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) gelombang dua dan tiga tahun 2023.

Perwakilan pelepasan PPG PPKn serta salah satu penulis buku, Kukuh Prasetyo mengungkapkan pengambilan judul ‘Secangkir Kopi Pagi: Perjalanan Guru Indonesia (PAGI) Menuju Profesionalisme’ merajuk pada cerita perjalanan mahasiswa dalam menjalani program PPG dalam jabatan.

Kukuh Prasetyo menjelaskan dalam pengerjaan buku ‘Secangkir Kopi Pagi’ pengerjaannya kurang lebih empat bulan dan dikerjakan oleh 29 Mahasiswa PPG Daljab gelombang 3 tahun 2023.

“Buku Secangkir Kopi Pagi merupakan kumpulan-kumpulan dari cerita pendek dari mahasiswa PPG PPKn ketika menjalani kegiatan PPG di Unikama,”, kata Kukuh Prasetyo.

Link Banner

Kukuh juga mengungkapkan dalam buku ‘Secangkir Kopi Pagi’ peran Romadhon, S.Pd., M.Pd selaku Ketua Program Studi PPKn dan Engelbertus Kukuh Widijatmoko, S.H., M.Pd selaku Dosen pembimbing sekaligus pemilik Channel Dosen Blankon sangat penting dalam penyusunan dan editorial buku sampai bisa terbit seperti sekarang.

“Dalam awal kuliah kita ditekankan nanti angkatan kita harus menghasilkan karya dalm bentuk buku, nantinya buku tersbut bisa menjadi sebuah kenang-kenangan akan cerita-cerita kita dalam menjalani perkuliahan PPG,” imbuhnya.

“Buku sederhana ini tak lain sebagai salah satu bukti bahwa kami memiliki dedikasi tinggi pada negeri. Semoga ini terus menginspirasi kami,” harap Kukuh Prasetyo.

Kukuh Prasetyo
KISAHKAN PERJALANAN MAHASISWA. Sambutan perwakilan pelepasan PPG Kukuh Prasetyo dengan membawa buku ‘Secangkir Kopi Pagi’ sebuah kenangan yang tak terlupa. Foto: Muhamad Rizqi

Romadhon juga berterimakasih dan sangat mengapresiasi atas kolaborasi antara mahasiswa, pengajar serta kampus tercinta Unikama yang selalu mensupport kegiatan belajar-mengajar yang terjadi, sehingga lulusan PPG PPKn dapat membuat sebuah hasil karya berbentuk buku.

“Saya sangat mengapresiasi sekali pelepasan dan Sumpah Profesi hari ini diperkuat dengan terbitnya buku ‘Secangkir Kopi Pagi: Perjalanan Guru Indonesia (PAGI) Menuju Profesionalisme’ menjadikan pelengkap kebahagiaan kali ini,” ungkap Romadhon.

Romadhon juga menjelaskan tentang pentingnya setiap perjalanan dalam mendedikasikan diri menjadi guru bisa diabadikan dalam bentuk buku ber ISBN. Sehingga profesi yang sangat mulia ini semakin dicintai, dan mendapat tempat yang lebih mulia di republik ini.

“Semoga karya sederhana Ini menjadi inspirasi bagi rekan-rekan guru di Indonesia dalam menjaga gerakan literasi untuk generasi emas 2045,” harap Romadhon.

“Akan ada banyak rintangan dan tantangan yang akan teman-teman lulusan PPG PPkn hadapi dalam menjaga nilai-nilai profesionalisme. Dan kita harus yakin mampu melewati semua rintangan dan menikmati hasil dari perjuangan kita. Karena menjadi guru profesional adalah keniscayaan,” imbuhnya.

Foto bersama Unikama
MEMORABILIA. Foto bersama PPG PPKn Unikama Malang tahun Angkatan 2023 dalam Pelepasan dan Sumpah Profesi Guru Profesional. Foto: Ist
Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *