UNIKAMA KUKUHKAN 691 LULUSAN PPG GELOMBANG 2 & 3 ANGKATAN TAHUN 2023

SIARINDOMEDIA.COM – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) kembali melepaskan dan mengangkat sumpah profesi 691 lulusan Program Pendidikan Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Gelombang dua dan tiga tahun angkatan 2023. Kegiatan diselenggarakan secara hybrid. Luring di Auditorium Multikultural dan daring melalui aplikasi Zoom Meeting, serta disiarkan pada channel Youtube Unikama, Sabtu (6/7/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut Rektor Unikama Dr. Sudi Dul Aji, M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan, Dr. Drs. Choirul Hudha, M.Si., Wakil Rektor Bidang Pengembangan Sumber Daya dan Universitas, Irma Tyasari, SE, S.Pd, MM, Ak, CA, CPA, CRA, Ph.D., Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Dr. Cicilia Ika Rahayu Nita, M.Pd., Dr. Nurul Ain, M.Si., selaku Koordinator PPG, serta pejabat lainnya di lingkungan Unikama.

Koordinator PPG Unikama, Dr. Nurul Ain, M.Si., melaporkan seorang guru profesional harus menunjukkan karakter mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik dengan sikap mempesona dengan dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas dan disiplin.

“Sebagai guru profesional selain menguasai materi ajar, guru harus mampu merumuskan indicator, capaian pembelajaran, berfikir tingkat ringgi, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara kritis, kreatif, humanis, dan kolaboratif, serta mampu mengevaluasi pembelajaran,” ungkap Nurul Ain.

Link Banner

“Unikama berharap kepada mahasiswa alumni, yang lulus hari ini benar-benar menggunakan ilmunya untuk mendidik generasi baru yang cerdas, berakhlak, bekerja keras dan pantang menyerah,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama rektor Unikama Dr. Sudi Dul Aji, M.Si., dalam sambutannya mengatakan beruntung lulusan mengikuti PPG Angkatan tahun 2023 ini dikarena pada tahun 2024 sudah tidak ada lagi. Yang ada pada tahun 2024 adalah guru kebutuhan khusus yang diberikan materi pada lms yang dipelajari sendiri tanpa pendampingan, dan tugas universitas hanya untuk menguji serta mengevaluasi kinerja.

Rektor Unikama
TERBUKA UNTUK PENDIDIKAN LANJUTAN. Rektor Unikama Dr. Sudi Dul Aji, M.Si. melepas PPG Daljab Gelombang dua dan tiga. Foto: Muhamad Rizqi

Sudi Dul Aji juga menyampaikan selamat sekali lagi untuk lulusan PPG periode dua dan tiga tahun 2023, serta menyampaikan pada kesempatan tersebut apabila lulusan PPG ingin meningkatkan kompetensinya melalui jalur S2. Unikama memiliki jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dimana cuma menambah 2 semester jika ingin menyelesaikan S2 di Unikama.

“Kami ucapkan terimakasih baik yang luring maupun daring, pada kesempatan ini mudah-mudahan apa yang kita lakukan memberi makna bagi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dan bapak/ibu yang ingin meningkatkan kompetensi di masing-masing unitnya,” jelas Sudi Dul Aji.

Acara dilanjutkan pengukuhan perwakilan tiap bidang studi, serta pelepasan PPG Daljab Gelombang dua dan tiga tahun 2023 yang hadir secara luring dan daring. Dilanjut dengan pembacaan ikhrar guru yang diwakilkan Hariyono.

Pembacaan ikrar guru
GURU PROFESIONAL. Pembacaan ikrar guru yang diwakilkan Hariyono. Foto: Muhamad Rizqi

Dalam pidatonya Kukuh Prasetyo dari PPG Program Studi (Prodi) PPkn menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh civitas akademika Unikama, serta keluarga yang mensupport dirinya dalam perjalanannya menempuh Pendidikan pada kampus tercinta Unikama.

“Terimakasih kepada para dosen pembimbing dan guru pamong yang penuh kesabaran serta ketelatenannya membantu kita menyelesaikan perkuliahan ini. Semoga ilmu yang bapak ibu berikan kepada kami semakin berkah, bermanfaat untuk ummat dan kemajuan Unikama,” ungkapnya.

“Kami mahasiswa bidang studi PPKn telah mengabadikan perjalanan PPG ini dalam karya sederhana berupa buku ‘Secangkir Kopi PAGI: Perjalanan Guru Indonesia Menuju Profesionalisme’. Buku sederhana ini tak lain sebagai salah satu bukti bahwa kami memiliki dedikasi tinggi pada negeri. Semoga ini terus menginspirasi kami,” pungkasnya.

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *