MAN 2 KOTA MALANG WISUDA 407 SISWA, BANYAK JADI DUTA INDONESIA DI AJANG INTERNASIONAL

SIARINDOMEDIA.COM – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang, Kamis (13/6/2024), menggelar wisuda bagi 407 siswa lulusan Tahun Ajaran 2023-2024, di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Tidak sedikit dari mereka telah meraih prestasi, menjadi duta Indonesia di berbagai ajang internasional.

Wisuda angkatan ke-32 diikuti 280 siswa Program MIPA, 71 siswa Program IPS, 24 siswa Program Bahasa, dan 32 siswa Program Agama.

Hadir, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, M Sidik Sisdiyanto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Komite Madrasah, serta orang tua siswa.

“Alhamdulillah, wisuda lulusan tahun ini diwarnai sejumlah penghargaan yang diraih siswa, baik tingkat lokal, nasional, bahkan internasional, ” ucap Wakil Kepala MAN 2 Kota Malang bidang Kesiswaan Ali Mukti.

Link Banner

Penghargaan yang diraih, tidak hanya dalam prestasi akademik melainkan juga non akademik. Sepanjang 2023-2024, setidaknya tercatat ada 781 prestasi, terdiri atas 397 prestasi akademik dan 384 prestasi non akademik.

“Ini sebuah kebanggaan luar biasa, siswa angkatan yang lulus tahun ini penyumbang prestasi terbanyak di Indonesia dan tercatat dalam Pusat Prestasi Nasional di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek Dikti,” ungkapnya.

Di antara prestasi hebat yang diukir lulusan tahun ini adalah menjadi Duta Indonesia dalam ajang kompetisi Internasional. Mereka bersaing dengan pelajar yang juga menjadi delegasi negaranya masing-masing. Duta Indonesia dari MAN 2 Kota Malang, antara lain:

1. Ayman Al Gifary menjadi delegasi Indonesia di ajang International Chemistry Olympiad (IChO) di Riyadh Arab Saudi,

2. Muhamad Zaidan Naja di ajang Asia Physics Olympiad di Kampar Malaysia,

3. Adika Rasendriya Arya Putra di ajang International Physics Olympiad (IPhO) di Isfahan Iran, dan

4. Ammaara Shifa Andini di ajang International Earth Science Olympiad (IESO) di Kota Beijing China.

Selain itu, siswa MAN 2 Kota Malang, juga menjadi Duta Indonesia dalam program Pertukaran Pelajar ke Amerika. Dia adalah Faizal Cahya, menjadi delegasi Indonesia dalam program student exchange di Negara bagian Wyoming Kota La Barge, Amerika.

Prestasi membanggakan MAN 2 Kota Malang merupakan hasil kolaborasi yang bagus antara guru, siswa, dan orang tua. Kolaborasi ini telah membuahkan hasil terbaik. Apalagi ditambah dukungan orang tua yang selalu mensupport program-program madrasah.

Kepada para siswa, Ali Mukti berpesan bahwa meski banyak prestasi gemilang, mereka harus tetap mengedepankan akhlakul karimah. Sebab, itulah yang menjadi ciri khas siswa madrasah yang harus tetap dipertahankan.

Kepala MAN 2 Kota Malang Samsudin bersyukur atas capaian prestasi luar biasa peserta didiknya.

“Alhamdulillah anak-anak kita sukses menjadi delegasi di ajang olimpiade dan riset tingkat nasional sampai tingkat internasional,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan banyak siswanya yang sudah diterima di berbagai perguruan tinggi favorit di dalam negeri, mulai dari Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (Unibraw), dan lainnya. Banyak juga yang melanjutkan kuliah pada berbagai perguruan tinggi di luar negeri.

“Anak-anak yang berprestasi sudah diterima tersebar di berbagai perguruan tinggi kelas dunia yang ada di berbagai benua. Di antara mereka, ada yang kuliah di Australia, Belanda, Amerika, Kanada, dan Singapura,” jelasnya. (*)

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *