STAIMA MALANG SUKSES GELAR EVENT MUSABAQOH AL-QUR’AN JILID 3 SE-JAWA-BALI

SIARINDOMEDIA.COM – Sebuah momentum bersejarah terjadi di Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam (STAIMA) Malang, setelah sukses menggelar event Musabaqoh STAIMA (MUSA) jilid 3 Se-Jawa-Bali, Sabtu (10/2/2024).

Event rutin STAIMA ini menyuguhkan beberapa kategori lomba yang sangat bergengsi, yaitu Lomba Musabaqah Qiroatil Kutub (MQK), Lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Lomba Musabaqah Syahril Qur’an (MSQ) dan Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

Lomba Musabaqah Qiroatil Kutub STAIMA
EVENT BERGENGSI. Para juara berbagai kategori dalam event Musabaqoh STAIMA (MUSA) jilid 3 Se-Jawa-Bali. Foto: Ist

Peserta yang berangkat dari berbagai MA, SMA dan pondok Pesantren se-Jawa Bali berbondong-bondong ke STAIMA untuk mengukir prestasi dan menunjukkan kecakapan dalam bidang keilmuan Al-Qur’an.

Tema besar yang diusung pada ajang MUSA tahun ini adalah “Aktualisasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam membangun generasi unggul berkarakter qurani menuju Universitas Hasyim Muzadi.”

Giat ini dihadiri oleh Ketua STAIMA Al-Hikam Malang, Dr. Mochamad Nurcholiq, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Imam Athoir Rahkman, M.Pd., Muhammad Syauqillah, S.E., M.E., selaku Sekretaris Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan civitas akademika, alumni serta seluruh pengurus HMPI PAI dan mahasiswa PAI STAIMA Al-Hikam Malang.

Ketua Penyelenggara MUSA jilid 3, Muhammad Romli menilai, antusiasme dari seluruh peserta dan civitas akademika STAIMA Malang dalam agenda ini cukup besar.

Link Banner

“MUSA III bukan hanya sebuah ajang kompetisi, tetapi juga sebagai wadah untuk memupuk semangat keagamaan dan keilmuan dalam diri para peserta,” ujar Romli.

“Dengan tema yang kami angkat, kami berharap mampu menciptakan generasi yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga berkarakter qurani,” sambungnya.

“Ini merupakan amanah untuk melaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Kalah menang sudah biasa, namun perlu menjunjung tinggi sportivitas. Mari sukseskan MUSA III 2024 dengan semangat yang membara,” tambahnya dengan penuh semangat.

JUNJUNG TINGGI SPORTIVITAS. Salah satu peserta MUSA III menampilkan potensi terbaiknya dalam event Musabaqoh Al-Quran di STAIMA Malang, Sabtu (10/2/2024). Foto: Ist/Aziz

Di lain sisi, Kaprodi PAI menyampaikan, bahwa Prodi PAI STAIMA sejauh ini telah didengarkan dan dikenal oleh masyarakat seantero Nusantara.

Link Banner

“Selamat datang di STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Gelaran MUSA III ini termasuk bagian dari perayaan Dies Natalis ke-20 prodi Pendidikan Agama Islam,” ucap Imam dalam sambutannya.

“Prodi PAI STAIMA sudah mulai didengarkan dan dikenal di wilayah Jawa Timur dan nasional dengan tetap berkosentrasi untuk mencetak generasi unggul dan berakhlakul karimah,” imbuhnya.

Imam juga berpesan kepada seluruh peserta untuk berjibaku menorehkan tinta emas dan prestasi yang gemilang pada Musa III 2024.

“Berjuang dan berlomba-lombalah pada cabang-cabang lomba MUSA III 2024. Torehkan prestasi dan tinta emas. Sebagai penutup, kami juga menunggu pada semua peserta untuk bisa berkuliah di STAIMA dan bangga menjadi bagian keluarga besar kami,” ujarnya.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *