RATUSAN PESERTA RAMAIKAN FESTIVAL JARANAN PEMUDA SENI KOTA MALANG 2023

SIARINDOMEDIA.COM – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang menggelar Festival Jaranan Pemuda Seni Kota Malang 2023 di Taman Krida Budaya, Minggu (7/5/2023). Perhelatan budaya yang diikuti oleh kurang lebih 720 peserta ini adalah salah satu rangkaian agenda hari ulang tahun (HUT) Kota Malang ke-109.

Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi, mengatakan bahwa dirinya diminta langsung oleh Wali Kota Malang agar bisa mengadakan agenda Festival Jaranan ini secara berkelanjutan.

“Atas instruksi Bapak Wali Kota Malang saya diperintahkan untuk terus melestarikan ini (Festival Jaranan) dengan memasukkan dalam program dan kegiatan tahun-tahun yang akan datang,” ucapnya.

Selanjutnya, Baihaqi menginfokan secara rinci bahwa Festival Jaranan ini diikuti sebanyak 36 kelompok yang kesemuanya dari Kota Malang. Setiap kelompok mengirimkan 20 personil sehingga total keseluruhan peserta kurang lebih sebanyak 720 peserta.

Link Banner

Lebih jauh lagi, dia menjelaskan bahwa dampak agenda ini di sektor perekonomian sangat bagus. Sebab para penonton yang hadir di Festival ini tidak hanya dari Kota Malang saja, melainkan juga dari luar Kota Malang.

“Luar biasa, Mas. Jadi mereka (para penonton) ini yang datang tidak hanya warga Kota Malang saja tetapi di luar Kota Malang juga,” ujar Baihaqi.

Penonton Festival Jaranan
ANTUSIAS. Para penonton memenuhi Taman Krida Budaya dalam Festival Jaranan Pemuda Seni Kota Malang, Minggu (7/5/2023). Foto: Izzuddin

“Di sini (Festival Jaranan) kita juga memanfaatkan UMKM. Konsumsi yang kita bagikan ini adalah konsumsi daripada UMKM. Semuanya kita ambil dari UMKM,” sambungnya.

“Terus datang ke sini (Festival Jaranan) juga ada biaya yang kita support. Ada yang naik mikrolet ada yang segala macem, itu kan bergulir semuanya,” pungkas Kadisporapar Kota Malang tersebut.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *