BANTU PETANI JAGUNG, PT WINMAR GANDENG BUMDES DESA PANDANMULYO

SIARINDOMEDIA.COM – PT. Winmar menggandeng PT. Bayer dan Bank Mandiri bersama dengan Prisma untuk membangun kemitraan bersama Bumdes Desa Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, dalam sektor pertanian jagung. Kemitraan ini diharapkan dapat membantu produktivitas petani jagung di desa tersebut.

PT. Widji Nusantara Makmur yang bergerak dalam bidang agribisnis, melakukan kegiatan diskusi kepada para petani sekaligus membangun kemitraan bersama Kepala Desa Pandanmulyo pada Selasa (11/4/2023).

Dalam kemitraan ini, PT. Winmar menggandeng PT. Bayer sebagai produsen benih. Tak hanya menjadi produsen benih, PT. Bayer juga memfasilitasi petani dari segi sarana pertanian seperti pembibitan, pupuk, serta obat untuk pengendalian hama atau bisa disebut pestisida.

Gelar diskusi
GELAR DISKUSI. Melakukan diskusi dan edukasi kepada para petani, kepala desa, serta lembaga bumdes setempat mengenai tujuan diadakannya kemitraan kerja. Foto: Yusrir Roisati.

Rencananya Bayer akan mengerahkan tenaga kerjanya lewat Bumdes untuk menggunakan mekanisme drone dalam penyemprotan pestisida. Hal tersebut dilakukan karena lebih efisien dalam menanggulangi hama pada tumbuhan serta meningkatkan kualitas hasil panen dibandingkan menggunakan semprotan yang manual.

Link Banner

“Jadi nanti kemungkinan petani akan menggunakan ‘drone’ untuk menyemprot pestisida tersebut,” terang salah satu perwakilan dari PT. Winmar kepada reporter Siarindomedia.

“Dan tentunya untuk tenanga operasionalnya dari Prisma langsung nanti lewat Bumdes,” tambahnya.

PT. Winmar turut menggandeng Bank Mandiri untuk memfasilitasi para petani dari segi pinjaman (Kredit Usaha Rakyat). Tujuannya agar petani tidak kesulitan jika ingin mengambil kredit pinjaman berupa uang, yang diperuntukan dalam keperluan membeli sarana produksi pertanian seperti, pestisida, pupuk, dan benih.

Bumdes sendiri juga sudah dulu memfasilitasi petani Desa Pandanmulyo lewat sarana produksi seperti pembelian pupuk, pembelian benih, dan penyemprotan pestisida. Bumdes juga mempunyai tenaga golongan tani untuk melakukan penyemprotan di lahan produksi petani jagung maupun padi.

Pihak Bumdes serta Kepala Desa Pandanmulyo berharap dengan adanya kemitraan ini akan menambah hasil produksi pertanian dan bermanfaat bagi para petani Desa Pandanmulyo.

“Harapannya agar bisa membawa manfaat bagi desa kami dan para petani, serta dapat bersaing dari segi produksi hasil panen”, ujar Sutikno Kepala Desa Pandanmulyo.

Petani menyimak
DEMI PRODUKTIVITAS YANG LEBIH BAIK. Para petani Desa Pandanmulyo tampak serius menyimak isi materi dari diskusi. Foto: Yusrir Roisati

Tujuan diadakannya acara ini adalah sebagai bentuk dukungan kepada para petani dan lembaga Bumdes, mengingat hasil produksi pertanian di Desa Pandanmulyo sangat tinggi dan berkualitas serta para petani yang memang ahli dan berpengalaman dalam bidang pertanian.

“Kenapa Winmar memilih Desa Pandanmulyo karena petaninya cukup berpengalaman dan terbuka dengan perusahaan yang ingin bermitra”, ucap salah satu perwakilan PT.Winmar.

“Dan kalau diingat hasil pertanian di wilayah tengah Malang ini sudah mulai menunjukan hasilnya,” pungkasnya.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *