ASYIKNYA BERSELANCAR SEJARAH MUSIK DI MUSEUM MUSIK INDONESIA

SIARINDOMEDIA.COM – Kota Malang memiliki tempat rujukan yang menarik bagi Anda pecinta sejarah dan ragam jenis genre musik nusantara maupun mancanegara, yakni Museum Musik Indonesia (MMI). Museum ini merupakan satu-satunya museum musik yang ada di Indonesia.

Berlokasi di jalan Nusakambangan No.19, Kota Malang, museum ini berada di lantai 2 Gedung Kesenian Gajayana. Museum tersebut menyimpan 26 ribu koleksi karya musik.

MMI didirikan pada tahun 2009. Awalnya bernama Galeri Malang Bernyanyi. Hengki Herwanto yang merupakan salah satu dari 6 pendiri museum ini, mengatakan pendiriannya bermula dari hobinya mengoleksi rilisan fisik album dari beberapa musisi dunia.

Pria berusia 66 tahun ini awalnya menempatkan beberapa koleksi tersebut di garasi rumah orang tuanya selama 3 tahun. Dia sempat berpindah-pindah tempat hingga pada akhirnya menempati Gedung Kesenian Gajayana sejak 2016 berkat bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Semua koleksi yang di miliki Museum Musik Indonesia sebagian besarnya berasal dari sumbangsih masyarakat pecinta musik yang ingin turut melestarikan perkembangan musik dari masa ke masa.

Banyak koleksi yang dimiliki museum tersebut seperti, kaset, CD, piringan hitam, poster, majalah musik. Mulai dari musisi daerah, nusantara, bahkan hingga musisi-musisi besar mancanegara.

Link Banner
Koleksi musik di MMI
SUMBANGAN PECINTA MUSIK. Salah satu koleksi Museum Musik Indonesia majalah dan poster musik. Foto: Yusrir Roisati

Museum ini menggunakan cara unik dalam mengelompokkan koleksi mereka. Bukan dengan sesuai genre musik, melainkan berdasarkan nama tempat musisi itu berasal. Seperti nama daerah di Indonesia dan nama berbagai negara serta benua di dunia.

Selain dari koleksi album musisi, poster, serta majalah. MMI memiliki koleksi alat musik dari berbagai daerah di Indonesia berikut pakaian artis Indonesia, seperti mendiang Dorce dan salah satu pakaian dari Menteri Keuangan Sri Mulyani saat memperingati acara Hari Musik Nasional tahun 2018.

Koleksi alat musik
INSTRUMEN BUNYI. Beberapa alat musik daerah, koleksi alat musiK daerah yang dimiliki Museum Musik Indonesia. Foto: Yusrir Rosati

Sampai saat ini untuk biaya operasional dan perawatan MMI kebanyakan masih mengandalkan donasi dari masyarakat. Hengki membagikan informasi tersebut lewat sosial media seperti, Facebook, dan Instagram.

“Jadi kami masih mengandalkan donasi dari masyarakat dalam membiayai museum tersebut, dan kadang kita juga menjual merchandise seperti CD, kaset, kaos dari musisi lokal untuk menambah pemasukan,” terang Hengki.

Link Banner

Lelaki penggemar musik sejak remaja ini berharap agar anak-anak muda mau melestarikan museum ini kedepannya.

“Saya berharap museum ini untuk tetap lestari, karena rilisan musik dalam bentuk fisik ini sudah jarang ditemui jadi pasti ada nilai sejarahnya,” ucap Hengki.

@siarindomedia Kota Malang memiliki tempat rujukan yang menarik bagi Anda pecinta sejarah dan ragam jenis genre musik nusantara maupun mancanegara, yakni Museum Musik Indonesia (MMI). Museum ini merupakan satu-satunya museum musik yang ada di Indonesia. Berlokasi di jalan Nusakambangan No.19, Kota Malang, museum ini berada di lantai 2 Gedung Kesenian Gajayana. Museum tersebut menyimpan 26 ribu koleksi karya musik. MMI didirikan pada tahun 2009. Awalnya bernama Galeri Malang Bernyanyi. Hengki Herwanto yang merupakan salah satu dari 6 pendiri museum ini, mengatakan pendiriannya bermula dari hobinya mengoleksi rilisan fisik album dari beberapa musisi dunia. Berita selengkapnya di website www.siarindomedia.com #infomalang #musikindonesia #museummusikdunia #siarindomedia #musik ♬ Fighter (Instrumental) – ROKKA

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *