TUBI IRMANTOKO, NARASUMBER BINCANG SANTAI DISPUSSIPDA KOTA MALANG DARI SMP ISLAM SABILILLAH

SIARINDOMEDIA.COM – Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang mengadakan bincang santai dengan para pemenang lomba penulisan tentang Kota Malang, hari Minggu (5/3/2023) lalu. Ada 7 pemenang lomba yang menjadi narasumber dalam agenda tersebut. Salah satunya Tubi Irmantoko, pelajar dari SMP Islam Sabilillah Malang yang meraih juara tiga Lomba Penulisan Pelajar Kota Malang 2022.

Dalam artikelnya, siswa kelas 8 tersebut mengangkat sejarah Museum Musik Indonesia yang ada di Malang dengan judul ‘Membaca Musik Mendengarkan Sejarah’. Tubi adalah salah satu dari lima delegasi SMPIS yang masuk tahap kedua perlombaan menulis yang diadakan oleh Dispussipda Kota Malang.

Total keseluruhan peserta pada tahap pertama dalam Lomba Penulisan Pelajar itu berjumlah 77 siswa. Dari jumlah keseluruhannya, para siswa diberi kesempatan untuk mengikuti workshop bertajuk ‘Literasi Budaya Etnis Nusantara, Local Branding Tempat Ikonik di Kota Malang’ di Ruang Bromo, Hotel Aria Gajayana pada Kamis, 3 November 2022.

Bagi pelajar pengagum Lionel Messi tersebut, kesempatan menjadi narasumber dalam agenda Bincang Santai yang diadakan Dispussipda Kota Malang adalah pengalaman yang sangat berharga. Selain itu, Tubi juga menjelaskan mengenai artikel yang dia tulis secara lugas.

Link Banner

“Kenapa saya membuat judul ‘Membaca Musik Mendengarkan Sejarah’. Karena kita perlu memahami berbagai macam musik dan fungsinya. Serta kita juga perlu mendengarkan sejarahnya melalui museum ini (Museum Musik Indonesia),” terang Tubi saat presentasi di depan para audiens.

“Di sini (ketika observasi di lapangan) saya sementara bisa merasakan langsung kehidupan seorang wartawan. Datang langsung ke tempat, terus mewawancarai orang yang bersangkutan sekaligus menanyakan hal-hal yang ingin kita tahu,” lanjutnya.

Tubi Irmantoko di bincang santai Dispussipda Kota Malang
JADI NARASUMBER. Tubi Irmantoko mempresentasikan artikel dan pengalamannya ketika mengikuti Lomba Penulisan Pelajar Kota Malang 2022. Foto: Izzuddin

Tubi berharap, agar ke depannya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dapat menggelar agenda-agenda literasi yang berbasis local wisdom. Karena dengan cara itulah, menurut pelajar berusia 14 tahun tersebut, anak muda bisa mengenal budaya yang ada di sekitarnya.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *