SEJUMLAH TROTOAR DI KOTA MALANG BERUBAH FUNGSI DAN TAK RAMAH DISABILITAS

SIARINDOMEDIA.COM – Trotoar merupakan fasilititas pejalan kaki yang disediakan oleh pemerintah daerah. Agar masyarakat merasa nyaman dan aman ketika berjalan kaki di bahu jalan. Kini fasilitas tersebut juga dibuat ramah terhadap disabilitas.

Tetapi lain halnya yang terjadi di Kota Malang, beberapa fasilitas trotoar di Kota Malang terlihat tidak terawat dan berubah fungsi menjadi lahan parkir liar.

Lahan parkir liar
SEMRAWUT. Beberapa mobil yang sedang parkir di atas trotoar ramah disabilitas serta tiang yang berdiri di tengah trotoar. Foto: Yusrir Roisati

Beberapa trotoar yang sudak rusak terlihat di Jl. Ijen, fasilitas tersebut terlihat tidak layak serta tak kunjung diperbaik oleh pemerintah. Hal ini tentu saja sangat membuat pejalan kaki merasa tidak nyaman. Termasuk juga dapat membahayakan kaum disabilitas.

Padahal trotoar tersebut seharusnya memiliki fasilitas yang ramah terhadap disabilitas.

Selain trotoar yang sudah tidak layak untuk dilewati, fasilitas publik ini juga disalahgunakan sebagai parkir liar, pedagang kaki lima yang sedang berjualan, serta tiang listrik yang berada di tengah trotoar.

Fenomena tersebut terlihat di trotoar Kayutangan Heritage Jl.Semeru dan sekitaran Balaikota Tugu Malang.

Link Banner
Berjualan di trotoar
BERALIH FUNGSI. pedagang kaki lima berjualan di trotoar Jl. Semeru Kayutangan. Foto: Yusrir Roisati

Hingga saat ini pemerintah tak kunjung memperbaiki fasilitas tersebut dan tidak menertibkan pedagang kaki lima maupun mobil yang parkir di trotoar.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *