PENTINGNYA BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK

SIARINDOMEDIA.COM – Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan dalam pergaulan internasional. Hampir seluruh organisasi maupun lembaga di dunia menggunakan bahasa ini sebagai bahasa pengantar utama. Karena itu, Bahasa Inggris termasuk Lingua Franca yang wajib dipelajari, termasuk bagi anak-anak di Indonesia.

Berikut beberapa alasan mengapa anak harus dikenalkan bahasa Inggris sejak dini menurut John Santrock, anggota dewan redaksi Perkembangan Anak dan Psikologi Perkembangan, antara lain:

1. Faktor geografis

Indonesia sebagai negara yang dikelilingi oleh negara-negara yang kebanyakan penduduknya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama atau kedua.

Negara-negara tersebut antara lain Singpura, Malaysia, Filiphina, Australia, dan lain sebagainya.

Sehingga belajar bahasa Inggris akan menjadi bekal bagi anak untuk bisa berkomunikasi dengan orang dari negara lain.

Link Banner

2. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional

Agar dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda latar belakang budaya dan kenegaraannya, bahasa Inggris menjadi pilihan utama yang sering dipakai dalam melakukan komunikasi.

Misalnya saja jika wisatawan yang melakukan perjalanan ke luar negeri biasanya menggunakan bahasa Inggris untuk dapat berkomunikasi dengan warga setempat.

Lebih dari itu, bahasa Inggris juga menjadi bahasa pengantar resmi dalam dunia transportasi baik di udara maupun di laut.

Link Banner

3. Informasi yang terdapat di dunia juga kebanyakan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa publikasinya

Sudah bukan hal yang baru lagi jika sebagian besar situs- situs penyedia informasi di internet berbahasa Inggris.

Tidak hanya di internet, buku- buku juga tidak sedikit yang memakai bahasa Inggris.

Dengan lancar berbahasa Inggris akan sangat membantu anak dalam menjelajah dan mengakses sumber pengetahuan baik dari media tulis maupun media elektronik.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *