TIM MAHASISWA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM LOLOS KE FINAL ASIAN ARABIC DEBATING CHAMPIONSHIP KE-2

SIARINDOMEDIA.COM – Kabar menggembirakan datang dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Empat mahasiswanya berhasil lolos ke babak final Asian Arabic Debating Championship (AADC) ke-2 di Muscat, Oman. Di final hari Kamis (2/2/2023) besok, mereka akan bertemu dengan perwakilan dari Malaysia, UISIM.

Empat mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim tersebut adalah Hussein Rifai, M. Zaimul Umam, Ummi Hasanah dan Betty Ayunda dari Fakultas Humaniora. Mereka tiba di Oman untuk mengikuti AADC sejak Sabtu pekan lalu.

Kejuaraan debat antar negara-negara Asia tersebut digelar mulai tanggal 29 Januari hingga 2 Februari 2023. Acara pembukaannya dihadiri oleh pihak Qatar Foundation Abdulrahman Alsubaie dan perwakilan Kementrian Pendidikan Oman. Setelah acara pembukan dilakukan seminar Pelatihan oleh Pihak Qatar Debate baik untuk Juri, peserta maupun pendamping dari universitas peserta.

Jumlah keseluruhan peserta di penyelenggaraan kali ini mencapai 320 orang yang mewakili ada 42 Universitas  dari 18 negara antara lain: Qatar, Oman, Australia, Azerbaijan, India, Indonesia, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Malaysia, Pakistan, Palestina, Arab Saudi, Korea Utara, Thailand, Vietnam dan Yaman.

AADC ke-2 diselenggarakan oleh Qatar International Debate, anak perusahaan dari Qatar Foundation for Education Science and Community Development di University of Oman di Muscat.

Tim UIN bersama tim dari Lebanon
(Bersama tim dari Lebanon. Photo: Ist)

Sebagai tambahan informasi, Asian Arabic Debating Championship bertujuan untuk menyebarkan budaya dialog dan debat di kalangan pemuda. Event ini juga mengembangkan pendidikan di tingkat lokal, regional dan internasional, serta membuka saluran komunikasi di antara mahasiswa-mahasiswa dari berbagai negara Asia melalui dialog dan debat tentang berbagai isu umum.

Link Banner

AADC pertama dilangsungkan di Kuala Lumpur, 29 Januari-3 Februari 2020. Peserta saat itu mencapai 26 tim dari berbagai universitas di wilayah Asia.

Sedangkan di AADC ke-2, tim dari Indonesia, yakni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, berhasil menyisihkan tim-tim dari negara lain hingga mencapai final. Pengumuman siapa yang terbaik di perhelatan tahun ini akan dilakukan hari Kamis (2/2/2023) besok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *