DUKUNG ECO PESANTREN, WAMEN PERTANIAN KUNJUNGI PP BAHRUL MAGHFIROH MALANG

SIARINDOMEDIA.COM – Sebagai bentuk dukungan atas program eco pesantren, Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, Rabu (11/1/2023) mengunjungi Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh di Jalan Joyoagung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Dalam kunjungannya tersebut, Wamen mememberikan seminar nasional serta menyempatkan menilik sarana dan pengolahan sampah di PP Bahrul Maghfiroh.

(Kader lingkungan menunjukan kepada Wamen Harvick terkait alat proses pengolahan. Photo: Nabila)

Program eco pesantren merupakan program yang dibentuk pada tahun 2020 atas dasar inisiatif Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh beserta kader lingkungan Kota Malang. Program ini ditujukan untuk mengelola sampah organik maupun non organic sehingga menjadi produk pupuk yang memiliki nilai manfaat tinggi bagi lingkungan pondok, khususnya pelestarian sumber daya alam di Kota Malang.

“Malang, Jawa Timur sangat lah berpotensi dalam sumber daya alam yang ada. Maka dari itu semoga adik- adik di sini dapat bimbingan yang benar terkait bagaimana menjaga pelestarian sumber daya alam” ujar Harvick pada saat memaparkan seminar nasional terkait program eco pesantren di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh.

Proses eco pesantren dibentuk dengan sistem berbasis santri yakni mengutamakan rasa kepedulian dari tiap individu terhadap sampah yang dimiliki. Kemudian sampah tersebut dibuang sesuai penempatan jenis sampah organic maupun non organik guna memudahkan tahap proses pengolahan.

Sementara proses pengolahan selanjutnya dengan menggunakan sarana berupa mesin pelet serta mesin giling hingga menjadi produk yang memiliki nilai manfaat bagi pelestarian SDA seperti pupuk cair, pupuk bokasi, dan makanan ikan.

(Alat proses pengolahan sampah. Photo: Nabila)
(Hasil olahan sampah yang menjadi bermacam jenis pupuk. Photo: Nabila)

“Tujuan diadakannya eco pesantren sendiri yakni untuk meningkatkan positive mindset terhadap santri serta masyarakat Kota Malang terkait manfaat sampah ketika diolah hingga menjadi produk yang bermanfaat,” ujar Toton selaku pendamping forum kader lingkungan Malang Raya.

Link Banner

Wamen Harvick mendukung penuh sistem kreatif eco pesantren di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pelestarian sumber daya alam di Kota Malang serta menerapkan mindset masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih dan asri.

(Toton (kanan) bersama kader lingkungan Kota Malang dan reporter Siarindo Media. Photo: Nabila)

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *