PRABOWO DESAK NEGARA BESAR TEGAKKAN HUKUM INTERNASIONAL

MENHAN SAMPAIKAN 4 POIN DALAM KTT TANGGAP DARURAT GAZA

SIARINDOMEDIA.COM – Mewakili Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Tanggap Darurat Kemanusiaan untuk Gaza,  di Amman, Yordania, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendesak negara-negara besar menggunakan kekuatannya demi tegakkan hukum internasional.

Dalam keterangan resminya, Selasa (11/6/2024), Prabowo lebih dulu menyampaikan rasa terima kasih terhadap Yordania, Mesir, dan PBB yang telah menyelenggarakan pertemuan tersebut. Kemudian menyebut kemerdekaan Palestina merupakan solusi yang nyata untuk menyelesaikan konflik di Jalur Gaza.

“Pemerintah dan rakyat Indonesia mendukung penuh kemerdekaan Palestina sebagai solusi riil bagi konflik di Gaza,” kata Prabowo.

Dia dengan tegas menyoroti negara-negara yang menganggap diri mereka negara modern dan beradab, tetapi melakukan pelanggaran terhadap hukum humaniter international yang menargetkan warga sipil dan infrastruktur sipil.

“Kami menyerukan kepada semua negara besar untuk menggunakan pengaruh besar mereka untuk menegakkan hukum internasional. Bencana kemanusiaan yang terjadi di depan mata kita harus segera diatasi,” lanjutnya.

Prabowo mengungkapkan pemerintah Indonesia mendukung penuh dan siap berkontribusi terhadap upaya gencatan senjata yang diusulkan oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Link Banner

Empat poin utama dalam membantu rakyat Gaza yang disampaikan Prabowo Subianto adalah sebagai berikut:

1. Indonesia berkomitmen meningkatkan kontribusi kepada Lembaga Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

2. Indonesia akan mengirimkan lebih banyak tim medis dan rumah sakit lapangan ke Gaza, kapal rumah sakit, serta berpartisipasi dalam pengiriman bantuan melalui udara atau airdrop apabila diperlukan.

3. Indonesia siap menerima 1000 pasien Gaza untuk dirawat di RS di Indonesia dan memulangkan mereka setelah sembuh setelah situasi di sana kembali normal.

4. Indonesia siap menyediakan perawatan pasca trauma dan pendidikan bagi anak-anak Gaza, kemudian akan dikembalikan saat situasi sudah stabil.

Meski Indonesia bersedia mendukung dan berkontribusi penuh pada semua upaya, tetapi menurut Prabowo solusi akhir  untuk masalahan ini adalah solusi dua negara.

“Hanya dengan solusi dua negara, Palestina serta Israel dapat hidup berdampingan secara aman dan tentram, masalah ini dapat diselesaikan,” tutupnya.

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *