STY BAKAL EVALUASI TUMPULNYA LINI DEPAN TIMNAS INDONESIA

SIARINDOMEDIA.COM – Timnas Indonesia memastikan tempat ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pasca menjalani pertandingan lawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024).

Dalam laga tersebut, skuad Garuda berhasil membuat Filipina menyerah lewat dua gol tanpa balas yang bertahan sampai peluit panjang dibunyikan. Thom Haye mencatatkan gol debutnya di menit 33, kemudian di sepuluh menit babak kedua Rizky Ridho berhasil menggandakan keunggulan.

Kemenangan ini mengantarkan anak asuhan Shin Tae-yong menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia, sekaligus negara Asia Tenggara pertama yang memastikan diri mengantongi tiket ke Piala Asia 2027 mendatang.

Di klasemen akhir Grup F, Indonesia menduduki urutan kedua dengan mengoleksi 10 poin. Irak yang ada di pemuncak grup menyapu bersih seluruh laga dan memiliki poin 18 angka.

Sementara Vietnam yang tumbang saat melawat ke markas Singa Mesopotamia hanya berhasil mengumpulkan enam poin. Adapun Filipina menjadi juru kunci usai menelan lima kekalahan dan satu hasil seri, sehingga memiliki satu poin saja.

Presiden Joko Widodo yang menyaksikan langsung jalannya pertandingan menyebut capaian Timnas Indonesia melaju ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 merupakan sebuah sejarah baru.

Link Banner

“Saya kira seluruh masyarakat pecinta sepak bola senang karena kita lolos dan bisa masuk ke ronde tiga kualifikasi sistem FIFA yang baru, ini adalah sebuah sejarah dan kita dengan sistem baru ini kita pertama kali masuk,” kata Presiden Jokowi.

Diketahui, sebelumnya Indonesia hanya pernah lolos ke putaran kedua pada 1986 lalu. Karena itu Presiden Jokowi mengapresiasi usaha dan kerja keras dari para pemain yang menurutnya luar biasa.

Pemain Indonesia memberi hormat kepada suporter
PEMAIN KE-12. Para pemain Timnas Garuda memberi hormat dan apresiasi atas dukungan luar biasa suporter Indonesia. Foto: X.com

Namun meski Rizky Ridho CS menampilkan permainan yang apik, pelatih Shin Tae-yong mengaku akan melakukan evaluasi lini depan tim Garuda yang masih bermasalah. Lantaran ada banyak peluang emas yang tak bisa dimanfaatkan menjadi gol.

“Jujur saya tidak bisa memberikan nilai yang baik pada lini depan. Memang para pemain depan harus evaluasi diri dengan baik, saya akan terus mencari pemain-pemain depan yang baik,” ungkap STY.

STY mengingatkan lawan-lawan di putaran ketiga tidak ada yang mudah. Apalagi Timnas Indonesia hanya menduduki peringkat FIFA ke-134.

“Kita tim yang paling lemah dari (tim-tim) yang sudah lolos ke putaran ketiga. Tetapi mimpi saya, saya akan berusaha mencapainya, tidak akan menyerah (untuk lolos ke Piala Dunia),” mantapnya.

Sejauh ini sudah ada 16 dari 18 tim yang memastikan diri di putaran ketiga. Tak hanya Irak, sejumlah negara kuat seperti Australia, Jepang, Arab Saudi, hingga Korea Selatan juga sudah mengamankan tiket untuk lebih dekat dengan Piala Dunia 2026.

Undian untuk putaran ketiga zona Asia ini akan dilakukan pada 27 Juni 2024 mendatang bertempat di Kuala Lumpur, Malaysia.

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *