7 PENYAKIT YANG SERING DIDERITA ANAK MUDA AKHIR-AKHIR INI, ADA APA SAJA?

SIARINDOMEDIA.COM – Di era modern ini, anak muda tidak hanya menghadapi tantangan dari aspek sosial dan ekonomi, tetapi juga dari segi kesehatan.

Berikut adalah beberapa penyakit yang sering diderita oleh anak muda akhir-akhir ini:

1. Gangguan Bipolar

Bipolar disorder

Gangguan ini ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrem, dari depresi ke mania. Gangguan bipolar pada remaja bisa memengaruhi kualitas hidup dan perkembangan mereka.

2. Lupus

Link Banner

Lupus

Lupus adalah sebuah gangguan autoimun di mana sistem imun menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Lupus sering kali terdiagnosis pada remaja, terutama mereka yang berusia 15 tahun ke atas.

3. Diabetes

Obesitas pada anak muda

Diabetes pada anak muda sering kali berkembang lebih cepat dibandingkan pada orang dewasa. Gaya hidup dan masalah kesehatan lainnya seperti obesitas dapat meningkatkan risiko diabetes melitus tipe 1 dan 2.

4. Asma

Asma

Asma adalah peradangan dan penyempitan pada saluran pernapasan yang bisa sangat serius dan bahkan mematikan jika tidak ditangani dengan benar.

Pemicu asma pada remaja cukup tinggi, karena saat ini banyak anak remaja tinggal di lingkungan industri yang penuh dengan polusi, membuat paru-paru mereka rentan terserang asma.

5. Hipertensi

Hipertensi

Angka hipertensi pada usia muda meningkat, dikaitkan dengan rendahnya aktivitas fisik dan meningkatnya kasus obesitas.

Hipertensi pada anak muda bisa disebabkan oleh penyakit ginjal turunan atau bawaan, gangguan tidur, atau masalah kesetahan kronis lainnya.

6. Stroke

Stroke pada anak muda

Stroke tidak hanya menyerang usia lanjut, tetapi juga usia muda. Studi menunjukkan peningkatan kasus stroke pada orang dewasa berusia 20 hingga 45 tahun.

7. Kanker Usus

Kanker usus pada anak muda

Kanker usus kini menyerang orang dengan usia yang lebih muda. Di Indonesia, kanker usus sering ditemukan pada orang usia produktif, yaitu di usia 30-an.

Penyakit-penyakit ini sering kali berkaitan dengan gaya hidup, seperti pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, stres, dan paparan polusi.

Karena itu, sangat penting bagi anak muda untuk menjaga gaya hidup sehat, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, dan mengelola stres dengan baik untuk mencegah timbulnya penyakit-penyakit tersebut.

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *