SEJARAH BOLU, KUE YANG SUDAH ADA SEJAK JAMAN BELANDA

SIARINDOMEDIA.COM – Bolu adalah kue yang sudah ada di Indonesia sejak jaman Belanda (1595-1945). Istilah “bolu” sendiri berasal dari bahasa Belanda, yaitu “bolo”  yang artinya kue atau roti.

Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur, dan gula, dan umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven.

Meskipun bukan murni jajanan tradisional Indonesia, tetapi sejak dulu kue bolu sering dihidangkan untuk memperingati hari-hari penting seperti hari raya, hari pembaptisan, bahkan hari pernikahan.

Perkembangan bolu di Indonesia sangat dipengaruhi era kolonialisme Belanda. Meskipun begitu, seiring berjalannya waktu, kue bolu mengalami modifikasi dan penyesuaian dengan bahan-bahan lokal dan selera Indonesia.

Bolu kukus pandan
ASIMILASI PENGANAN LOKAL. Varian bolu kukus pandan. Foto: iStock

Pada abad ke-19, perkembangan bolu semakin bervariatif di Indonesia setelah ditemukannya baking powder sebagai bahan pengembang kue.

Dengan adanya tepung, telur, dan campuran gula, orang-orang dapat menciptakan berbagai variasi kue bolu. Ada bolu cokelat, bolu stroberi, hingga bolu moka keju.

Dari semua variasi yang ada, bolu moka keju mungkin adalah kue yang paling unik karena memadukan rasa manis dan  pahit, seperti kopi moka. Berikut adalah cara membuatnya:

1. Bahan-bahan:

– 5 butir telur

– 1/2 SDM emulsifier/SP

– 100 gr gula pasir

– 100 gr tepung terigu protein sedang, ayak

– 75 gr santan instan

– 1 SDT pasta moka

– Keju cheddar parut secukupnya untuk taburan .

2. Cara Membuat

– Mixer telur, gula pasir, dan SP sampai mengembang berjejak.

– Masukkan tepung terigu, mixer dengan kecepatan rendah sampai rata.

– Masukkan santan instan dan pasta moka, aduk rata dengan spatula.

– Tuang kedalam loyang dan taburi dengan keju parut.

– Panggang api bawah selama 10 menit, lalu pindahkan api atas bawah, panggang lagi sekitar 50 menit (sesuaikan dengan oven masing-masing), lalu sajikan.

Selamat mencoba!

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *