UNISMA GANDENG BUFS KOREA SELATAN UNTUK TANDEM INTERNATIONAL STARTUPS

SIARINDOMEDIA.COM – Rektor Universitas Islam Malang (UNISMA), melaksanakan kegiatan kunjungan ke Busan, Korea Selatan. Kunjungan kali ini, adalah kunjungan hari ketiga dari rangkaian kegiatan international business and industry collaboration program yang dilaksanakan di tiga negara yaitu Taiwan, Korea Selatan dan Malaysia di awal tahun 2023.

Rektor UNISMA Malang yang didampingi oleh Wakil Rektor I, Prof. Junaidi Mistar, Ph.D., Wakil Rektor II, H. Noor Shodiq Askandar, S.E., MM., dan Kepala Kantor Urusan Internasional, Dr. Imam Wahyudi Karimullah, MA., melaksanakan kegiatan pertemuan dengan Prof. Soon Heung Chang, Ph.D, President of Busan University of Foreign Studies, Korea Selatan.

Turut hadir mendampingi pada pertemuan tersebut adalah Prof. YeKyoum KIM, Associate Vice President of Student Affairs, yang juga sekaligus sebagai Director of Indonesia Center/Faculty of ASEAN Studies di BUFS.

Sementara dari pihak UNISMA Malang juga didampingi oleh Drs. Muhaimin Abdul Syukur Ketua Asosiasi Eksportir Indonesia, Jawa Timur (Exportir Indonesia ke Korea Selatan), Mohamad Habibi, S.Si., M.Sc., Ketua Pengurus Cabang Istimewa Nahdatul Ulama (PCINU), Korea Selatan, dan Muhamad Edi Suswanto, salah satu owner dan pengusaha Indonesia yang merambah bisnis kuliner di Korea Selatan.

Pada waktu yang bersamaan Rektor UNISMA Malang menyampaikan akan memberikan beasiswa program magister kepada mahasiswa luar negeri, termasuk mahasiswa dari Korea Selatan yang akan melanjutkan studi di UNISMA Malang.

Hal ini disambut baik oleh Prof. YeKyoum KIM, Director of Indonesia Center. Saat ini lebih dari 100 mahasiswa BUFS yang mengambil program studi Indonesia Studies. Hal ini bisa menjadi program strategis.

Link Banner

Prof YeKyoum berharap dalam waktu dekat bisa dirancang program 3+1 program. Tiga tahun mahasiswa BUFS belajar di Korea dan satu tahun belajar di UNISMA Malang. Begitu juga sebaliknya mahasiswa UNISMA bisa belajar di Malang 3 tahun dan di BUFS selama satu tahun.

Tidak hanya itu, UNISMA Malang juga siap mengirimkan dosen-dosen terbaiknya untuk bisa mengajar di BUFS Korea Selatan.

Delegasi UNISMA Malang juga berkunjung ke kantor Indonesia Center di BUFS. Pada kesempatan tersebut Rektor UNISMA Malang memberikan sejumlah buku karya civitas akademika UNISMA Malang kepada President BUFS sebagai bahan referensi di Indonesian Center, bagi mahasiswa program Indonesia studies.

Akhir dari pertemuan tersebut adalah kesepakatan untuk melaksanakan pertukaran dosen dan mahasiswa baik secara daring maupun luring, dan pelaksanaan joint research, publication dan international conference dalam peningkatan kualitas dan kuantitas tridarma kedua perguruan tinggi.

Link Banner

Hasil dari kunjungan kerja sama internasional ini akan segera direalisasikan dalam rangka mengimplementasikan motto UNISMA Malang dari NU untuk Indonesia dan Peradaban Dunia. Serta untuk memperkokoh posisi UNISMA Malang sebagai enterpreneural university pada tahun 2023-2027, ungkap Prof. Dr. Masykuri Bakri, Rektor UNISMA Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *