SANTOSO, SENIMAN LUKIS EKSPRESIONIS ASAL MALANG

SIARINDOMEDIA.COM – Karya seni rupa menjadi salah satu sarana untuk mengekspresikan diri. Melalui seni rupa seseorang dapat menuangkan segala ide dan perasaaan dalam bentuk yang bisa dilihat. Salah satunya adalah seni lukis.

Di Indonesia sendiri ada beberapa seniman hebat beraliran ekspresionis, yang dapat menuangkan karyanya menjadi sebuah karya lukis yang mengagumkan. Salah satu seniman Indonesia yang beraliran ekspresionis adalah Affandi.

Di Kota Malang juga terdapat seniman lukis unik yang beraliran ekspresionis bernama Santoso.

Santoso mengaku sudah lama berkecimpung dan menekuni profesi dalam bidang ini. Dalam setiap karya seninya, dia selalu menuangkan segala perasaannya ke sebuah kanvas kosong dan kemudian melukiskan perasaan yang sedang dia rasakan saat itu.

Link Banner

“Aku sudah dari bangku SMA menekuni karya seni lukis ini terutama dalam aliran ekspresionis”, ucapnya.

Lukisan Santoso
TUMPAHAN PERASAAN. Sebuah karya lukisan yang berukuran 2 meter mengekspresikan tentang perasaan yang dia rasakan. Foto: Yusrir Roisati

Selain menghasilkan karya dalam dua dimensi dan menyelenggarakan pameran seni, pria berusia 25 tahun ini juga menyediakan karya untuk seni desain instalasi, dan membuat kebutuhan barang seni pendukung sebuah event, serta berkolaborasi dalam beberapa kebutuhan brand dan studio.

Santoso juga sering menjual karyanya secara konvensional langsung kepada kolektor maupun lewat website. Beberapa karyanya tembus terjual sampai ke kota-kota besar di Indonesia.

Pria yang sering disapa Santos ini juga memiliki studio branding dan seni rupa di Kota Malang, yang dia kelola bersama beberapa rekannya. Dalam studio tersebut dia sering mengadakan kelas melukis untuk siapa pun yang berminat.

Galeri lukisan Santoso
KELAS MELUKIS. Santoso dan lukisan-lukisannya yang dia simpan di galerinya di Studio Winid Kota Malang. Foto: Yusrir Roisati.

Pria yang pernah mengenyam pendidikan di Institut Seni Indonesia ini mengatakan, pencapaian terbaik yang dia dapat adalah ketika orang-orang tertarik untuk memiliki sebuah karya seni terutama karyanya dan orang-orang yang berminat untuk membuat sebuah karya seni rupa dalam bentuk apa pun.

“Pencapaian yang menurutku besar adalah ketika orang-orang tertarik memiliki sebuah karya seni, bahkan yang awalnya tidak tertarik untuk membuat (karya seni) jadi mampu membuatnya,” ujar Santos saat ditemui reporter Siarindomedia.com beberapa hari lalu.

Santoso juga mewadahi para seniman seni rupa maupun orang yang berminat untuk melakukan kegiatan berkesenian. Dengan harapan agar bisa berkembang bersama dan menjadi tim dalam sebuah proyek.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *