RATING TV PIALA OSCAR 2023 NAIK 12%

‘EVERYTHING EVERYWHERE ALL AT ONCE’ DOMINASI PENGHARGAAN

SIARINDOMEDIA.COM – Perhelatan Piala Oscar 2023 yang ditayangkan stasiun televisi ABC mengalami kenaikan rating, yakni mencapai 18,7 juta penonton di AS. Jumlah penonton ini naik 12% dari tahun lalu.

Dirilis Walt Disney Co (DIS N) pada Senin (13/3/2023) malam waktu setempat, tahun lalu jumlah penonton acara yang juga dikenal dengan nama The Academy Awards ini mencapai 16,7 juta. Perhelatan Oscar tahun 2022 sempat dihebohkan dengan kejadian dimana Will Smith menampar Chris Rock, pembawa acara saat itu, sebelum Smith mendapat penghargaan sebagai Best Actor.

The Academy Awards tahun ini merayakan kembalinya penonton bioskop karena banyak film-film fenomenal, seperti ‘Avatar: The Way of Water’ dan ‘Top Gun: Maverick’. Keduanya menjadi box office di bioskop.

Selain itu, film ‘Everything Everywhere All at Once’ yang bergenre petualangan memenangkan kategori The Best Picture sekaligus mendominasi penghargaan.

Link Banner

Kemenangan Michelle Yeoh sebagai aktris terbaik di ajang Oscar tahun ini melalui perannya sebagai binatu di film tersebut, mendapat sambutan hangat dari Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim. Sang PM pun langsung mencuitkan respon bahagianya melalui akun Twitternya.


Meskipun jumlah penonton Oscar meningkat dibandingkan tahun lalu, acara ini menduduki peringkat terendah ketiga sepanjang sejarah penayangan acara ini. Pemirsa setia acara-acara sejenis telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini karena pemirsa telah meninggalkan tayangan televisi konvensional dengan memilih tayangan streaming atau media sosial.

ABC mengatakan acara yang ditayangkan Minggu malam, 12 Maret 2023 lalu mendapatkan 27,4 juta interaksi di Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube. Oscar juga mendapat peringkat sebagai topik trending No. 1 di Twitter di seluruh dunia selama siaran berlangsung.

Siaran Academy Awards dengan rating tertinggi adalah 25 tahun lalu, saat megahit ‘Titanic’ menyapu bersih penghargaan tersebut. Lebih dari 57 juta orang menonton acara tersebut pada tahun 1998 itu.

Sedangkan  tahun 2021, di tengah pandemi COVID-19, peringkat Oscar mencapai titik terendah dengan 10,5 juta penonton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *