SIARINDO MEDIA SUKSES ADAKAN PELATIHAN METODOLOGI PENELITIAN UNTUK DOSEN DAN MAHASISWA

MAYORITAS DOSEN-MAHASISWA MASIH GAGAP PAHAMI METODOLOGI PENELITIAN

SIARINDOMEDIA.COM – Siarindo Media mengadakan pelatihan metodologi penelitian yang dihadiri para mahasiswa dari sejumlah univesitas di Malang serta beberapa dosen.

Pelatihan ini diisi oleh pemateri pakar metodologi penelitian sekaligus mantan dosen Universitas Brawijaya, Dr. Achmad Helmy Djawahir. SE.,MM beserta rekannya Choirul Anam. Acara tersebut dilaksanakan pada Sabtu 11 Maret 2023, bertempat di kantor Siarindo Media Kota Malang.

Pelatihan berlangsung baik karena diisi langsung oleh pemateri yang kompeten dalam bidangnya. Juga dihadiri mahasiswa yang memiliki antusias tinggi yang ingin memahami metodologi penelitian, agar mereka tidak kesulitan dalam mengerjakan penelitian skripsi

Acara tersebut berisi materi seperti, dasar operasional penelitian, perlengkapan operasional penelitian, dan peralatan operasional penelitian.

Lembaga Siarindo Media mengadakan pelatihan ini dengan tujuan untuk memberikan ilmu dan pemahaman terhadap peserta mahasiswa maupun dosen, agar dapat melakukan penelitian ilmiah secara benar menggunakan metodologi penelitian.

Penyampaian materi oleh Choirul Anam
ILMU BERMANFAAT. Penyampaian materi oleh Choirul Anam. Foto: Nabila Zulfa

Helmy sendiri mengungkapkan bahwa minat mahasiswa terhadap metodologi penelitian saat ini kurang, padahal sebuah penelitian dalam tugas skripsi adalah output yang sangat penting dari sebuah universitas. Akan sangat disayangkan jika penelitian tersebut tidak dijadikan ilmu baru dan tidak diaplikasikan.

Link Banner

Selain karena mahasiswa yang kurang berminat dalam metodologi penelitian, Helmy menambahkan bahwa tenaga pengajar seperti dosen pun tidak terlalu kompeten dalam memahami bidang ilmu tersebut.Hal ini membuat mahasiswa merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas skripsi, thesis, atau disertasi mereka.

“Tidak hanya seorang mahasiswa atau dosen saja yang dapat menggunakan metodologi penelitian, bahkan seorang wartawan atau penulis pun wajib memahaminya”, terang Helmy.

“Karena dari hasil penelitian yang valid maka akan jadi sebuah informasi yang valid juga,” tambahnya.

Pada pelatihan ini ditekankan bahwa metodologi penelitian cukup berperan penting untuk diterapkan sehari-hari dalam mendapat sebuah informasi yang valid, dari data penelitian ilmiah

Link Banner

Lembaga Siarindo Media berharap dari pelatihan tersebut nantinya mampu membuat para mahasiswa serta dosen untuk melakukan penelitiannya secara benar, agar kelak menjadi sebuah ilmu baru yang dapat diaplikasikan dan dapat dibagikan kepada masyarakat.

Karena itu, Lembaga Siarindo Media berkomitmen agar pelatihan semacam ini akan dapat terus dilakukan secara berkala. Ttentunya dengan menggandeng para pakar di bidangnya.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *