TRENDING DI TIKTOK, SCALING GIGI SENDIRI JUSTRU BERBAHAYA

SIARINDOMEDIA.COM – Scaling gigi adalah sebagian tindakan medis kedokteran dalam menghilangkan plak atau karang yang menumpuk pada gigi. Ini adalah prosedur gigi di prakterk dokter gigi yang menggunakan instrument tajam. Sehingga sebaiknya dilakukan oleh para profesional yang memiliki pengetahuan yang benar pada setiap langkahnya guna menghilangkan plak yang ada pada gigi.

Sekarang banyaknya prosedur ini menjadi viral di Tik-Tok, yang mendorong orang untuk mencobanya dirumah.

@teethtube 17 yo. Female Tartar Removal #tartarremoval #scalingteeth #dentist #dentalwork #teethutbe #teethscaling ♬ Chill Like That – Sunday Scaries & PiCKUPLiNES


Tapi apakah itu aman? Mari kita bicara dengan ahlinya?

Kenapa orang ingin mencoba scaling gigi?

“Plak adalah lapisan lengket yang menutupi gigi, dan terdiri dari berbagai jenis bakteri dan elemen biologis (seperti kalsium) yang ditemukan dalam liur Anda,” ujar Brian Kantor, seorang dokter gigi di New York.

“Plak ini biasanya ditemukan di garis gusi, plak dapat terbentuk karena beberapa alasan, baik karena makan-makanan bertepung atau bergula, tidak menyikat gigi setiap hari, atau tidak membersihkan gigi dengan benar. Kebanyakan orang dapat merasakan plak saat lidah mereka menyentuh gigi, atau jika mereka menggaruk permukaan gigi dengan kuku dan lapisan kuning tersebut dapat terlepas,” ditambahkan Rhonda Kalasho, seorang dokter gigi dan CEO TruGlo Modern Dental.

Link Banner

Penumpukan plak yang sangat banyak dapat menimbulkan radang gusi, gusi berdarah, dan berbagai kondisi periodontal (seperti resesi gusi, keropos tulang, dan akhirnya kehilangan gigi atau pengikisan gigi).

Apa itu scaling gigi?

“Scaling gigi adalah prosedur pembersihan yang dirancang untuk menghilangkan penumpukan plak yang berlebihan pada gigi. Sementara pembersihan yang standar akan mengatasi permukaan gigi, penskalaan jauh lebih dalam dan biasanya melibatkan di bawah gusi,” terang Kantor.

Dia menambahkan, prosesnya dilakukan melalui scaler, alat pembersih gigi berbahan logam genggam yang mengikis plak dan kalkulus, atau karang gigi. Alat ini terbentuk dua sisi dengan ujung yang runcing digunakan bagian gigi atas garis gusi dan ujung melengkung digunakan untuk menjangkau di bawah garis gusi.

Link Banner

Scaling gigi memiliki manfaat untuk kesehatan mulut seperti, menghilangkan plak yang menempel, mempercantik penampilan senyum anda, serta terhindar dari penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Mengapa scaling gigi harus dilakukan oleh tenaga profesional?

Scaling gigi bukanlah sesuatu yang direkomendasikan untuk semua orang sejak awal.

“Penentuan apakah seorang pasien memerlukan scaling gigi biasanya dibuat sebagai hasil pemeriksaan klinis dan analisis radiografi, yang menegaskan bahwa pasien memiliki plak yang terletak jauh di bawah garis gusi dan menyebabkan radang gusi dengan kemungkinan pengroposan tulang,” kata Marina Gonchar, seorang dokter gigi yang juga pemilik klinik Skin to Smile.

Selain itu, lanjut Gonchar, alat yang digunakan untuk menghikangkan plak juga tajam dan memiliki bentuk khusus untuk setiap gigi yang membantu memaksimalkan penghilangan plak sekaligus meminimalkan kerusakan gigi.

Scaling gigi di rumah dapat menyebabkan infeksi, karena scaler harus disterilkan secara menyeluruh sebelum digunakan agar tidak memindahkan bakteri satu permukaan ke permukaan lainnya.

Karena itu, scaling gigi tak boleh dilakukan sembarangan. Apalagi meniru-niru seperti yang trending di TikTok.

“Scaling gigi yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan enamel serta retakan kecil yang dapat mengurangi integritas gigi dan meningkatkan sensitivitas,” tandas Kalasho.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *