PEMBINAAN BIMBINGAN BACA QUR’AN DAN BINA IBADAH, KEGIATAN RUTIN MABA UM

SIARINDOMEDIA.COM – Bimbingan Baca Qur’an dan Bina Ibadah (BBQ-BI) merupakan cabang dari kegiatan Tafaqquh fii Diinil Islam (TDI) yang wajib diikuti bagi setiap mahasiswa baru Universitas Negeri Malang (UM) selama satu semester.

BBQ-BI ini dilaksanakan di Masjid Al-Hikmah UM selama 12 kali pertemuan. Dengan rincian 6 kali pembinaan wajib di hari Sabtu dan 6 kali pembinaan di luar hari Sabtu.

Terdapat tiga pembagian kelas yaitu kelas A, B, dan C. Kelas A akan menjadi mentor sebaya, kelas B bagi yang mampu membaca Al-qur’an dengan baik namun masih perlu perbaikan, dan kelas C bagi yang membutuhkan bimbingan khusus seperti mengetahui huruf hijaiyah hingga mempraktekkan ilmu tajwid dan waqof.

Kegiatan BBQ-BI dimulai dengan membaca doa pembuka, penyampaian dan diskusi materi bina ibadah, kemudian bimbingan bacaan quran secara bersama-sama dan personal, dan setor bacaan Qur’an secara bergantian.

Adanya kegiatan ini tidak hanya sebagai bagian mata kuliah wajib saja tetapi juga sebagai media pembelajaran Qur’an berkelanjutan.

Banyaknya yang mengesampingkan ilmu agama dibandingkan ilmu yang ditekuni sekarang

Link Banner

“Menurut saya BBQ-BI ini penting, soalnya banyak yang lebih mementingkan ilmu yang umum saja,” ungkap Isti salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan BBQ-BI, Rabu (1/3/2023).

“Bahkan banyak yang menganggap ga begitu penting banget. Sedangkan dalam Islam itu menuntut agama Islam itu wajib gitu,” tambahnya.

Kegiatan BBQ-BI ini juga sebagai upaya untuk para mahasiswa mengingatkan bacaan Qur’an yang tepat.

“Kalau di SD itu kan udah dapet kayak tajwid tapi lupa beberapa tahun yang lalu jadi ini mengingatkan kembali tentang belajar-belajar Islam itu” ujar Isti.

Link Banner

“Oh ternyata gini hukum bacaannya gitu,” tambahnya

Meskipun kegiatan ini merupakan kegiatan wajib, mahasiswa merasa butuh dengan adanya program ini.

“Misalnya kita ada kelas BBQ buat make sure bacaan Qur’annya tuh bener sesuai tajwid, baik, dan benar,” ujar Isti.

Setoran baca Qur'an
MABA UM. Setoran baca Qur’an. Foto: Ayda

Kegiatan tambahan lainnya seperti penyampaian dan diskusi materi keagamaan Islam mengingatkan kembali dan membangun pemahaman kepada mahasiswa terhadap ilmu dan hukum Islam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

“Kayak mengingatkan lagi oh ternyata ini najis ya gitu,” ucap Isti.

“Dengan adanya BBQ-BI ini kita bisa menguatkan lagi iman Islam kita” tambah Layya.

Mahasiswa berharap diadakannya kegiatan BBQ-BI ini tidak hanya sebagai tambahan ilmu saja kepada mahasiswa tetapi juga bisa diamalkan dalam kehidupan.

“Harapannya bisa menerapkannya gitu dan meneruskan,” tegas Isti.

“Harapan setelah bacaan Qur’annya lebih lancar, lebih tepat, lebih rutin, lebih rajin, lebih sering, aamiin” tutup Layya.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *