AFKNI 2023, ANTISIPASI FAKULTAS KEDOKTERAN NEGERI SIAPKAN SDM BIDANG KESEHATAN

SIARINDOMEDIA.COM – Menjadi yang termuda di antara seluruh Fakultas Kedokteran kampus negeri seluruh Indonesia, tidak menyurutkan niat FKIK (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk menjadi host acara akbar AFKNI (Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia) 2023.

Seluruh dosen fakultas terkait berkumpul dalam sesi ilmiah yang diadakan di Hotel Senyum World, Kota Batu selama tiga hari (24-26/2). Sebelum pembukaan acara, para dekan diajak menyambangi kawasan Kampus 3 di kawasan Desa Precet, Kota Batu.

Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P. W., M.Kes., Sp.Rad(K), Dekan FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyampaikan pihaknya merasa terhormat karena diamanahi sebagai host Forum Dekan AFKNI 2023.

Dengan adanya forum pimpinan semacam ini, dia berharap UIN Malang dapat berkembang dan memberikan banyak kontribusi di dunia kedokteran. Dia juga menyampaikan bahwa bersamaan dengan forum dekan ini, lagu Mars AFKNI akan dirilis.

“Penciptanya adalah salah satu dosen FKIK UIN Malang, Yossi Indra Kusuma, S.Ked., M.Med., Ed.,” jelas Prof. Yuyun.

Dekan FK UIN Malang
DEKAN FKIK UIN MALANG. Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P. W., M.Kes., Sp.Rad(K). Foto: Ist/Humas UIN Maliki Malang

Hadir mendukung acara, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA. Dia menuturkan, dengan adanya FKIK, cabang keilmuan di Kampus Ulul Albab semakin lengkap.

Link Banner

Pihak kampus berharap, lulusan kedokteran nantinya tidak hanya menjadi dokter yang handal, namun juga yang memiliki spiritualitas mendalam.

“Dengan begitu, mereka (para dokter) dapat berkontribusi dalam penyelesaian masalah global, yakni pendidikan, kemiskinan, dan kesehatan,” harap Prof. Zain.

Rektor UIN Maliki Malang
REKTOR UIN MALANG. Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA. Foto: Ist/Humas UIN Maliki Malang

Forum Dekan AFKNI 2023 dibuka secara resmi oleh Ketua AFKNI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP dari Universitas Indonesia hadir langsung di Kota Batu. Sebanyak 35 dekan Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia hadir.

“Karena 35 dari 39 hadir di forum ini, maka sudah memenuhi syarat untuk memutuskan sesuatu,” jelas Prof. Ari.

Link Banner

Tahun ini, tema Forum Dekan AFKNI ialah “Antisipasi Fakultas Kedokteran Negeri dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia di Era Transformasi Kesehatan Bidang SDM Kesehatan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *