EDUCATION TECHNOLOGY “SEVIMA’ BUKA LOWONGAN 100 TALENTA IT

SIARINDOMEDIA.COM – Kamu seorang Web/Mobile Programmer (hacker), UI/UX Designer (hipster) ataupun Technology Leader (hustler)? Ingin turut berkontribusi memajukan pendidikan di Indonesia? Education Technology (EdTech) Sentra Vidya Utama (SEVIMA) sedang mencari 100 orang talenta berbakat di sektor teknologi, untuk ikut melakukan revolusi di dunia pendidikan. Lowongan kerja dibuka dengan sistem seleksi One Day Hiring (pagi mengikuti seleksi, sore langsung diterima kerja).

Disampaikan oleh Ridho Irawan, Kepala Kerjasama SEVIMA sebagai EdTech yang selama 20 tahun berkontribusi melakukan digitalisasi 800+ perguruan tinggi se-Indonesia, sedang gencar mengembangkan produk teknologi pendidikan terkini. Oleh karena itu, SEVIMA hendak mengajak talenta terbaik bangsa untuk ambil bagian.

“Selama 2 dekade, SEVIMA secara konsisten terus mendukung pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia, sesuai dengan tagline SEVIMA yaitu #revolutionizeEducation. Jadi SEVIMA ingin mengajak putra-putri terbaik bangsa untuk berpartisipasi melakukan pemerataan pendidikan di Indonesia dengan bantuan teknologi yang akan kita ciptakan bersama,” ungkap Ridho

Kesempatan Emas Merevolusi Pendidikan Tinggi dan Mengembangkan Diri

Berdiri sejak tahun 2004, Ridho menyebut bahwa SEVIMA berfokus pada penyediaan sistem akademik terintegrasi “SEVIMA Platform” untuk perguruan tinggi. Mereka yang berkarya di SEVIMA akan terlibat dalam pemerataan pendidikan tinggi di Indonesia. Solusi yang akan dikembangkan nantinya akan membantu mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana di kampus-kampus seluruh Indonesia.

“Ada kurang lebih 4.500 perguruan tinggi se-Indonesia, dan SEVIMA merupakan pionir dan market leader penyedia sistem akademik perguruan tinggi. Angka ini akan terus bertambah kedepannya, sehingga impact (dampak) yang dihasilkan para talenta teknologi SEVIMA akan makin luas lagi,” ungkap Ridho.

Link Banner

Model bisnis EdTech SEVIMA yang berbasis Software as a Service (piranti lunak berbasis layanan awan dan berlangganan), juga diklaim memiliki prospek cerah kedepannya. Karena untuk memiliki aplikasi sendiri, sebuah kampus tidak perlu membuat dari nol ataupun melakukan pengembangan mandiri. Cukup berlangganan secara bulanan, dan aplikasi SEVIMA Platform bisa langsung digunakan oleh para dosen, mahasiswa, dan tim operasional kampus.

Para dosen dan mahasiswa pengguna aplikasi ini, juga memiliki ikatan kuat kepada Brand SEVIMA serta para programmer. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi kehadiran “Komunitas SEVIMA,” yang kini beranggotakan ribuan kampus dan rutin menyelenggarakan acara bergengsi di bidang Pendidikan Tinggi. SEVIMA Platform juga  telah digunakan dan terbukti membantu perkuliahan 2,5 juta lebih mahasiswa dan 26.857 dosen se-Indonesia.

“Model bisnis SEVIMA, SaaS, mirip seperti kita berlangganan aplikasi musik online. Tinggal berlangganan lalu dapat memperoleh seluruh layanan yang dipilih. Pendapatan kami yang bersifat recurring (berulang) juga memastikan SEVIMA sehat secara keuangan, bisa terus fokus berinovasi, serta terus yang terbaik untuk kesejahteraan talenta di organisasi ini” lanjut Ridho.

Penggunaan teknologi terkini dalam aplikasi yang dikembangkan SEVIMA, mulai dari penggunaan server berbasis cloud (awan) hingga framework pemrograman yang modern dan metode scrum dalam pengembangan, juga memberikan ruang luas bagi programmer dalam mengembangkan portofolio.

Link Banner

“Pengembangan portofolio akan ditunjang dengan pelatihan berkelanjutan dalam program Human Development (pengembangan manusia) yang dimiliki SEVIMA. Sehingga semua tech talent (berkesempatan untuk mengembangkan versi terbaik dirinya. Semuanya dilakukan sambil berkarya dengan penghasilan yang kompetitif,” ujar Ridho.

Persyaratan dan Cara Mendaftar

Lalu apa saja persyaratan bergabung menjadi programmer dengan SEVIMA? Dan bagaimana cara mendaftarnya? Ada setidaknya tiga jenis lowongan dengan spesifikasinya masing-masing.

Yang pertama Full Stack Developer, sebagai pengembang keseluruhan atas sistem aplikasi di SEVIMA Platform. Full Stack Developer akan mengembangkan aplikasi berbasis cloud yang aman, sesuai dengan regulasi Pemerintah (compliance) terkait pendidikan tinggi, dan mampu menyesuaikan kebutuhan kapasitas server & bandwith dari jutaan mahasiswa yang akan mengakses SEVIMA Platform (auto-scaling).

Lowongan Full Stack Developer mensyaratkan pendaftarnya untuk memiliki minimal lima tahun pengalaman dalam pemrograman (programming) maupun pengembang aplikasi (developers); menguasai bahasa pemrograman seperti: PHP, Laravel, Javascript (jQuery, Alpine.js, LiveWire, Inertia), PostgreSQL, HTML, CSS, ESBuild; dan memiliki latar pendidikan sarjana di bidang Informatika.

Yang kedua Quality Assurance, sebagai garda terdepan penjaga kualitas aplikasi di SEVIMA Platform. Quality Assurance akan bertugas memastikan kualitas spesifikasi software, pengalaman pengguna, dan performa aplikasi terjaga. Quality Assurance juga perlu memahami proses bisnis dan alur pengembangan aplikasi, sehingga tidak hanya menuntaskan masalah aplikasi (bugs) ketika terjadi tetapi juga mencegahnya.

Lowongan Quality Assurance mensyaratkan pendaftarnya untuk memiliki latar belakang pendidikan di bidang Informatika dan minimal lima tahun pengalaman dalam pemrograman (programming) maupun pengembang aplikasi (developers); menguasai bahasa pemrograman; dan mampu melakukan pengujian aplikasi secara manual maupun otomatis. Alat pengujian otomatis yang digunakan: Laravel unit, feature test, Cypress, and other automated testing tools.

Yang ketiga, System Analyst, sebagai peneliti yang akan menganalisa kebutuhan pengguna atas fitur yang sudah ada dan perlu dikembangkan, maupun fitur baru. Seorang System Analyst nanti diharapkan bisa memahami kebutuhan perguruan tinggi, menganalisa, dan melakukan prosedur pengujian untuk memastikan fitur dalam aplikasi yang akan dikembangkan nantinya dapat menghasilkan manfaat optimal untuk setiap penggunanya.

Lowongan System Analyst mensyaratkan pendaftarnya untuk mampu dekat dengan perguruan tinggi, mampu melakukan analisa dan penulisan dokumen pengujian, serta berpengalaman dalam proyek Software Engineering. Sertifikasi PMP/SCRUM akan menjadi nilai tambah.

Total 100 talenta teknologi dicari untuk mengisi tiga posisi lowongan tersebut, dengan penempatan kerja di Surabaya. SEVIMA juga menyediakan hadiah berupa laptop Macbook Air bagi talenta terbaik yang lolos dari proses seleksi ini.

Peminat lowongan ini dapat mendaftarkan diri dengan cara mengisi formulir di: event.sevima.com/onedayhiring.

Pelaksanaan seleksi akan dilakukan dalam waktu satu hari pada 18 Februari 2023 secara online, mulai dari tes psikologi, tes teknis, FGD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *