WAPRES: JAGA STABILITAS DAN HARGA PANGAN

SIARINDOMEDIA.COM – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan banyak pihak, khususnya Kementerian Pertanian untuk terus berupaya menjaga stabilitas dan harga pangan. Sebab, kestabilan harga serta ketersediaan pangan berpengaruh pada terkendalinya inflasi yang saat ini berada di angka 5,51%.

“Beban pertanian kita sangat berat. Kita harus bisa menyediakan pangan untuk lebih dari 275 juta jiwa. Stabilitas produksi dan harga pangan menjadi kritikal dan harus terus dijaga,” kata Wapres saat membuka kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2023, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Wapres menyampaikan, tantangan penyediaan pangan ke depan semakin berat. Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir, sekarang dunia dihadapkan pada tantangan dampak perubahan iklim dan iklim ekstrim yang sangat sulit diprediksi. Selain itu, tekanan geopolitik dunia turut menyebabkan harga pangan semakin mahal dan menyebabkan terjadinya krisis pangan global.

Karena itu, Ma’ruf meminta semua kalangan untuk bekerja sama demi meningkatkan produktivitas pangan nasional. Dirinya percaya, dengan kerjasama semua pihak, masalah produksi bisa diatasi. Wapres pun meminta Kementerian Pertanian (Kementan) untuk membuat terobosan demi peningkatan produktivitas pangan.

Kementan diharapkan terus memperkuat upaya diversifikasi pangan. Upaya meningkatkan dan memperluas diversifikasi pangan lokal harus digarap dengan baik, untuk mengurangi ketergantungan beras.

“Masyarakat masih tergantung pada beras. Konsumsi beras harus kita turunkan dari 92 kg menjadi 85 kg per kapita per tahun,” ujarnya.

Link Banner

Di sisi lain Wapres mengapresiasi upaya Kementan yang terus berupaya memperkuat sektor pertanian sebagai pengendali inflasi dalam menghadapi krisis pangan dunia.

”Saya meminta Kementan harus mampu mengidentifikasi komoditas pangan yang akan difokus untuk dikembangkan dalam menghadapi krisis pangan dunia khususnya dalam pengendalian inflasi, termasuk target produksi dan juga lokasi dimana saja,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *