INGGRIS KE FINAL EURO 2024 USAI TAKLUKKAN BELANDA 2-1

SIARINDOMEDIA.COM – Inggris berhasil melangkah ke final Euro 2024 setelah menaklukkan Belanda 2-1. Dalam laga semifinal yang digelar di BVB Stadion Dortmund, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB, The Three Lions tertinggal lebih dulu sebelum akhirnya mengunci kemenangan di masa injury time babak kedua.

Inggris mengawali pertandingan dengan baik. Mengambil inisiatif penyerangan, Harry Kane cs sempat membuat lini pertahanan Belanda tertekan.

Kendati demikian, Inggris justru kebobolan lebih dulu di menit ke-7.

Xavi Simons yang berhasil mencuri bola dari penguasaan Jude Bellingham, hanya dua kali mengoceknya. Simons kemudian segera menendangnya dari luar kotak penalti. Jordan Pickford mencoba menepisnya sembari melayang. Namun bola melaju lebih cepat. Gol.

Link Banner
Gol Xavi Simons
BELANDA LEADING. Gol Xavi Simons di menit ke-7. Foto: UEFA

Akan tetapi keunggulan Belanda tak berlangsung lama. Kapten Harry Kane yang dilanggar Denzel Dumfries di kotak terlarang, membuat wasit Felix Zwayer (Jerman) menunjuk titik putih.

Tak hanya itu, Zwayer juga mengganjar Dumfries dengan kartu kuning akibat pelanggaran keras itu.

Harry Kane yang menjadi eksekutor penalti, tak menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut. Inggris berhasil menyamakan kedudukan 1-1 di menit ke-18.

Gol Harry Kane
INGGRIS MENYAMAKAN SKOR. Gol Harry Kane dari titik putih di menit ke-18. Foto: UEFA

Skor imbang membuat pertandingan berjalan kian menarik.

Di menit ke-23, Inggris hampir saja berbalik unggul. Sepakan Phil Foden sukses memperdayai kiper Bart Verbruggen. Namun Dumfries menghalau bola sepersekian detik sebelum melewati garis gawang.

Dumfries nyaris menebus kesalahannya di menit ke-30. Memanfaatkan umpan lambung Simons, pemain Inter Milan itu menanduknya dengan keras. Namun bola hanya membentur mistar gawang.

Berselang dua menit kemudian, tiang gawang lagi-lagi menjadi penyelamat. Kali ini giliran tendangan melengkung Foden yang membentur sisi luar tiang gawang Verbruggen.

Saling serang kedua tim belum mengubah keadaan. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Adele di stadion menyaksikan Inggris vs Belanda di semifinal Euro 2024
BISA JADI INSPIRASI BIKIN LAGU BARU. Penulis lagu dan penyanyi kondang berkebangsaan Inggris, Adele, memberikan dukungan kepada tim sepak bola negaranya dengan menonton langsung di stadion. Foto: X.com

Di 45 menit kedua, tempo permainan sedikit melambat. Kedua tim tampak berhati-hati agar tidak kecolongan.

Pada menit ke-64, Pickford menyelamatkan gawangnya dari kebobolan setelah memblok sundulan Van Dijk yang memanfaatkan tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Inggris.

10 menit menjelang pertandingan usai, Gareth Southgate melakukan pergantian strikernya sekaligus. Dia menarik Harry Kane dan Phil Foden untuk digantikan Ollie Watkins dan Cole Palmer.

Keputusan ini terbukti efektif. Di penghujung pertandingan, tepatnya di menit ke-90+1, Watkins yang mendapatkan umpan terobosan dari Palmer tak menyia-nyiakan lubang di pertahanan Belanda. Tendangan kerasnya mengalirkan bola menyusur tanah di sisi kanan gawang yang tak dapat dijangkau Verbruggen.

Gol ini sekaligus menutup pertandingan dengan skor 2-1 untuk Inggris.

Watkin merayakan gol
MAN OF THE MATCH. Ollie Watkins merayakan golnya yang menjadi penentu kemenangan Inggris atas Belanda di masa injury time. Foto: X.com

Kemenangan ini akan mempertemukan Inggris melawan Spanyol di final Euro 2024. Spanyol sehari sebelumnya menyingkirkan Perancis juga dengan skor yang sama, 2-1.

Partai puncak Euro 2024 akan digelar di Olympiastadion Berlin pada Minggu 14 Juli. (TON)

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *