HASIL SEMIFINAL EURO 2024, SPANYOL SINGKIRKAN PERANCIS 2-1

SIARINDOMEDIA.COM – Spanyol melaju ke final Euro 2024 setelah mengalahkan Perancis di semifinal dengan skor tipis, 2-1. Dalam pertandingan yang dihelat di Munich Football Arena, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB, La Furia Roja sempat tertinggal lebih dulu sebelum akhirnya berbalik unggul. Tiga gol dalam laga yang berlangsung sengit tersebut, tercipta di babak pertama.

Perancis unggul lebih dulu pada menit ke-9. Umpan tarik Kylian Mbappe dari sisi kanan pertahanan Spanyo, berhasil dikonversi gol melalui tandukan Kolo Muani.

Gol Muani
GOL PEMBUKA. Heading Kolo Muani pada menit ke-9 membawa Perancis leading 1-0. Foto: UEFA

Tersengat dengan gol Muani, Spanyol meningkatkan tekanan. Tiki taka tim racikan Luis de la Fuente ini beberapa kali mengancam gawang Perancis yang dijaga Mike Maignan.

Pertahanan Perancis akhirnya jebol di menit ke-21. Tendangan keras melengkung Lamine Yamal dari luar kotak penalti, gagal dijangkau Maignan.

Link Banner
Gol Yamal
MAN OF THE MATCH. Lamine Yamal menyamakan kedudukan di menit ke-21. Foto: UEFA

Gol ini membuat Yamal memecahkan rekor sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah perhelatan Piala Eropa. Yamal mencetak gol perdananya di Euro 2024 di usia 16 tahun 362 hari.

Kedudukan imbang tak bertahan lama. Spanyol yang berada di atas angin usai gol Yamal, terus meningkatkan tekanan.

Empat menit berselang, La Furia Roja berbalik leading melalui gol Dani Olmo di menit ke-25.

Gol Olmo
BERBALIK UNGGUL. Gol Dani Olmo di menit ke-25. Foto: X.com

Permainan terbuka yang disuguhkan di partai semifinal ini membuat pertadingan berjalan sengit. Serangan silih berganti menghasikan beberapa peluang bagi kedua tim.

Namun hingga babak pertama usai, Spanyol masih memimpin 2-1.

Di babak kedua, Perancis bermain lebih agresif untuk mengejar ketinggalan. Dimotori kapten tim Mbappe, Perancis relatif menguasai pertandingan.

Di menit ke-56, upaya Mbappe untuk menyamakan kedudukan belum membuahkan hasil. Bola menyusur tanah tendangannya masih dapat diselamatkan kiper Unai Simón.

Aksi Mbappe
TERHENTI DI SEMIFINAL. Aksi kapten tim Kylian Mbappe kerap merepotkan pertahanan Spanyol. Foto: UEFA

Untuk menambah tekanan, Didier Deschamps di menit ke-62 melakukan tiga pergantian pemain sekaligus. Salah satunya adalah memasukkan striker veteran Antoine Griezmann menggantikan pemain tengah N’golo Kanté.

Pergantian pemain ini terbukti menambah daya gedor Perancis. Pada menit ke-72, Theo Hernández memiliki kesempatan mengubah keadaan. Namun tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang Unai Simón.

Memasuki menit ke-80, Didier Deschamps kembali bertaruh dengan memainkan veteran striker lainnya, Olivier Giroud menggantikan Ousmane Dembélé.

Lima pemain bernaluri penyerang murni di kubu Perancis memaksa Spanyol bertahan dan lebih banyak mengandalkan serangan balik.

Didier Deschamps
GAGAL KEJAR KETINGGALAN. Upaya pelatih Didier Deschamps memainkan lima pemain berposisi menyerang, tak membuahkan hasil. Perancis tetap takluk 1-2 dari Spanyol di semifinal Euro 2024. Foto: X.com

Yamal nyaris menambah gol di menit ke-81, lagi-lagi melalui sepakan keras dari luar kotak penalti. Sayang, bola masih melenceng tipis di atas mistar gawang Maignan.

Pada menit ke-86, Perancis berkesempatan memperpanjang nafas. Mbappe yang dalam posisi bebas, melepaskan tendangan keras dari jarak dekat. Tetapi bola melambung tinggi.

Hingga wasit Slavko Vinčić (Slovenia) meniup peluit panjangnya, skor 2-1 untuk kemenangan Spanyol tidak berubah. Hasil ini membuat  Álvaro Morata cs melaju ke final Euro 2024 menghadapi pemenang laga semifinal lainnya, Belanda vs Inggris, yang baru akan bertanding Kamis (11/7/2024) dini hari WIB. (TON)

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *