FKAUB MALANG GELAR RAPAT PLENO PENETAPAN AD/ART DAN PELANTIKAN PENGURUS PERIODE 2024-2029

SIARINDOMEDIA.COM – Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKAUB) Malang menggelar rapat pleno penetapan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta melantik pengurus FKAUB Malang masa bakti 2024-2029. Kegiatan dilangsungkan di Gereja Katolik Maria Diangkat Ke Surga (MDKS), Rabu (3/7/2024) malam.

Rapat Pleno yang dipimpin oleh Pendeta (Pdt) David Tobing, S.T.,S.Th., M.Pd. ini, bertujuan membahas penetapan AD/ART FKAUB Malang sebagai payung Legal Standing. Di mana selama 25 tahun berkiprah dengan semua sepak terjangnya, FKAUB Malang belum memiliki AD/ART yang resmi, sehingga momen ini dianggap tonggak sejarah untuk memberikan landasan hukum yang kuat bagi organisasi.

Di sisi lain, rapat pleno ini juga membahas penetapan Pengurus FKAUB Malang masa bakti 2024-2029. Saat Rapat Pleno, setelah Sekjen FKAUB menyampaikan laporan pertanggungjawaban, semua pengurus dinyatakan berstatus demisioner. Setelah itu, Rapat Pleno menetapkan AD/ART, Dewan Pembina, Dewan Penasihat, dan Sekretaris Jenderal. Selanjutnya, Sekretariat Jenderal terpilih mengajukan Dewan Pengurus dengan dikonsultasikan lebih dulu kepada Dewan Presidium, sebelum ditetapkan oleh Dewan Pembina.

Acara Pelantikan Pengurus, secara simbolis ditandai dengan penyerahan stempel FKAUB oleh Dewan Pembina (Romo M. Djayusman, S.H., M.M. didampingi Pdt. Suyanto, S.Pd.). Dengan dilantiknya Pengurus FKAUB periode 2024-2029, diharapkan ada kepastian akan keberlangsungan organisasi.

Link Banner

“Kebijakan ini kita ambil supaya kepengurusan FKAUB tahun 2024-2029 selaras dengan peraturan yang ada pada saat ini dan ke depannya tidak menjadi batu sandungan serta mengikuti perkembangan zaman,” ungkap Pdt. David Tobing.

Rapat pleno FKAUB Malang
KELANGSUNGAN ORGANISASI. Rapat pleno membahas AD/ART FKAUB Malang. Foto: Muhamad Rizqi

Penetapan AD/ART dituangkan dalam Ketetapan Rapat Pleno FKAUB Malang No. I/RP-FKAUB/ VII/2024, sedangkan penetapan Dewan Pembina, Dewan Penasihat, dan Sekretaris Jenderal dalam ketetapan No. II/RP-FKAUB/VII/2024. Sementara untuk Dewan Pengurus melalui Ketetapan Dewan Pembina FKAUB No. I/DP-FKAUB/VII/2024 tentang Dewan Pengurus FKAUB Malang Periode 2024-2029, dengan disetujui dan disahkan pada tanggal 3 Juli 2024 pukul 20:28 WIB.

Kepengurusan lengkap FKAUB Malang Periode 2024-2029 sebagai berikut:

Dewan Pembina : Pandita Suyanto, S.Pd dan M. Djayusman, S.H., M.M.
Dewan Penasihat : Dr. H. Asif Budairi, S.Ag., M.H., M. Fahazza, S.T., Dr. Sugiyanto Hadi, SKM. MPH., Pdt. Drs. Pudji Siswo, M.Min., dan Ir. Edi Sutrisno.

Presidium Agama Islam : Dr. Mohammad Mahpur, M.Si., dan Prof. Dr. Wahyudi Winarjo, M.Si
Presidium Katolik : Rm RD. JC. Eko Atmono
Presidium Kristen : Pdt. Chrysta Andrea, M.Th.
Presidium Hindu : Rm Mangku I Gusti Ngurah Susanta
Presidium Budha : PMd. Jenjen Irawan, S.Kom.
Presidium Konghuchu : Ibu Luluk Hanom (Tjong Ngoek Tjhoy)
Presidium Penghayat Kepercayaan: Sumadiyono
Koordinator Presidium : RD. JC. Eko Atmono
Sekertaris Jendral : Pdt. David Tobing, S.T., S.Th., M.Pd.

Pdt. David Tobing menegaskan dalam pembentukan kabinet baru, struktur yang sudah ada tidak banyak berubah. Perubahan hanya pergerseran Pdt. Pudji Siswo naik ke Dewan Penasihat, PMd. Jenjen Irawan digantikan oleh Agus Sumarto di bidang lintas agama.

Serah terima hasil rapat pleno
DEMI LEGALITAS. Serah Terima SK rapat pleno FKAUB dari M. Jayusman, S.H., MM., (kiri) kepada Pdt. David Tobing (Kanan). Foto: Muhamad Rizqi

Pdt. David Tobing menyampaikan rapat pleno ini diharapkan dapat memperkuat dasar hukum dan operasional FKAUB Malang. Dengan AD/ART yang jelas dan kepengurusan yang baru, FKAUB diharapkan mampu lebih efektif dalam menjalankan misi dan visi organisasi, serta mampu menjawab tantangan zaman.

Dalam penutupan rapat, Pdt. David Tobing mengajak semua pengurus dan anggota FKAUB untuk tetap berkomitmen dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Kerja sama yang baik dan harmonis di antara semua pihak diharapkan dapat terus terjaga demi masa depan yang lebih baik.

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *