RATUSAN SISWA SEKOLAH SABILILLAH MALANG RESMI WISUDA PROGRAM PENDIDIKAN AL-QURAN TAHUN 2024

SIARINDOMEDIA.COM – Sekolah Sabilillah Malang menggelar acara wisuda bagi 424 siswa-siswi yang telah menyelesaikan program Pendidikan Al-Quran tahun 2024 di Masjid Sabilillah Malang, Kamis (13/6/2024).

Wisuda ini menjadi momen penting bagi para siswa-siswi mulai jenjang TK, SD, SMP dan SMA Boarding School Sistem Pesantren yang telah menunjukkan dedikasi dan ketekunan dalam memelajari Al-Qur’an.

Agenda ini dihadiri Direktur Bil Qolam Pesantren Ilmu Quran (PIQ) Singosari selaku Pembina Sabilillah Bil Qolam, KH. Anas Basori, Lc, M.A., Pengasuh PP. Yayasan Hidayatul Mubtadi’in (Yahtadi) Lumajang selaku Pembina Program Terjemah Sabilillah Bil Qolam, KH. Muhammad Muslich, pimpinan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Sabilillah Malang. Serta segenap kepala sekolah seluruh satuan Sekolah Islam Sabilillah Malang (SISMA), wali murid, guru hingga tokoh-tokoh masyarakat yang memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan pendidikan Al Qur’an di Sekolah Sabilillah.

Asisten Direktur II LPI Sabilillah Malang, Drs H. Moh. Ishom Ihsan M.Pd. menyampaikan agenda wisuda ini merupakan kali ke-21 untuk SD, ke-18 SMP dan ke-8 untuk SMA Boarding School Sistem Pesantren.

Link Banner

“Kalau tidak salah, ini dalam hitungan saya. Yang sudah wisuda, kalau SD itu sekitar 20 kali, 21 yang sekarang,” ucap Ishom dalam sambutannya.

“Kalau SMP itu 17 kali, 18 kali yang sekarang. Dan SMA 7 kali, 8 kali sekarang,” sambungnya.

Di lain sisi, Sekretaris LPI Sabilillah Malang, Dr. Ali Afandi, M.Pd. memaparkan, dari total keseluruhan 424 wisudawan, satuan SD mewakilkan peserta wisuda terbanyak tahun 2024 ini.

“TK Islam Sabilillah Malang sejumlah 75 siswa. Yaitu lulus tartil jilid 2 dan hafal 15 surat pendek. Untuk SD sejumlah 138, lulus tartil 30 juz dan hafal juz 30,” urai Ali dalam sambutannya.

“Untuk SMP sejumlah 109 dengan rincian lulus tartil 30 juz dan Hafal Juz 30 sejumlah 17 siswa. Lulus Terjemah Alquran 2 Juz 72 siswa, untuk Tahfiz 20 siswa,” sambungnya.

Menyerahkan buku rapor
METODE SBQ. Direktur LPI Sabillilah Malang, Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd. (kanan) menyerahkan buku raporr pada siswa Tahfidz atas nama Farsya Rahmi Fakhira kelas XII IPS 2. Foto: Izzuddin

Lebih lanjut, Ali menambahkan, untuk lulusan SMA Boarding School Sistem Pesantren di program Tartil 30 juz dan Hafal Juz 30 sebanyak 7 siswa, terjemah 2 Juz sebanyak 66 siswa dan 27 siswa lainnya lulus sebagai siswa Tahfidz.

Tambahan informasi, pendidikan Al-Qur’an di LPI Sabilillah Malang menggunakan metode Sabilillah Bil Qalam (SBQ) yang dikembangkan sendiri oleh LPI Sabilillah Malang.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *