WANITA HAID WAJIB MENDENGARKAN KHOTBAH IDUL FITRI DAN IDUL ADHA

SIARINDOMEDIA.COM – Hari Raya Idul Adha 2024 jatuh pada Senin, 17 Juni. Saat momen itu tiba, semua umat Muslim merayakannya sekaligus menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi.

Umat Muslim yang mampu akan memotong hewan kurban untuk dibagikan pada saudara sesama Muslim yang kurang mampu sehingga di hari itu semua orang bersuka cita.

Idul Adha juga menjadi momentum untuk mengingat kebaikan dan perjuangan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Sehingga di hari yang mulia ini seluruh umat Muslim diperintahkan untuk menuju lapangan untuk berkumpul dan mendengarkan khotbah.

Hal ini pun tertuang dalam hadis Nabi Muhammad SAW. yang berbunyi:

Dalam sebuah hadis, Ummu ‘Athiyyah meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw memerintahkan agar semua perempuan, termasuk yang sedang haid, keluar pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.

عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتْ أَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نُخْرِجَهُنَّ فِي الْفِطْرِ وَاْلأَضْحَى الْعَوَاتِقَ وَالْحُيَّضَ وَذَوَاتِ الْخُدُورِ فَأَمَّا الْحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الصَّلاَةَ  وَيَشْهَدْنَ الْخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِينَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ إِحْدَانَا لاَ يَكُونُ لَهَا جِلْبَابٌ قَالَ لِتُلْبِسْهَا أُخْتُهَا مِنْ جِلْبَابِهَا. [رواه الجماعة واللفظ لمسلم]

Link Banner

“Diriwayatkan dari Ummu ‘Athiyyah bahwa dia berkata: Rasulullah saw memerintahkan kami supaya menyuruh mereka keluar pada hari Idul Fitri dan Idul Adha: yaitu semua gadis remaja, wanita sedang haid dan wanita pingitan. Adapun wanita-wanita sedang haid supaya tidak memasuki lapangan tempat salat, tetapi menyaksikan kebaikan hari raya itu dan panggilan kaum Muslimin. Aku bertanya: Wahai Rasulullah, bagaimana salah seorang kami yang tidak mempunyai baju jilbab? Rasulullah menjawab: Hendaklah temannya meminjamkan baju kurungnya.” [HR. al-Jama‘ah, lafal dari Muslim].

Sehingga melalui hadis, Ummu ‘Athiyyah ini, para perempuan bahkan yang sedang haid dan dipingit diminta untuk tidak memasuki lapangan tempat salat, tetapi tetap menyaksikan kebaikan hari raya itu dan mendengarkan khotbah. Sehingga meski tidak diperbolehkan salat, mereka tetap mendapat kebaikan dari khotbah tersebut.

Bahkan, Rasulullah SAW meminta Muslimah untuk meminjamkan jilbab pada temannya yang tidak punya agar bisa bersama-sama mendengarkan khotbah dan merayakan hari suci ini bersama-sama.

Wallahu Alam.

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *