5 HAL SEPELE YANG DAPAT MEMICU ALERGI, HATI-HATI!

SIARINDOMEDIA.COM – Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap zat tertentu yang seharusnya tidak berbahaya, yang dikenal sebagai alergen.

Reaksi alergi ini dapat menimbulkan berbagai gejala, mulai dari yang ringan seperti pilek dan ruam kulit yang gatal, hingga yang berat seperti sesak napas.

Berikut lima hal sepele yang sering tidak disadari dapat memicu alergi:

1. Tungau Debu

Tungau debu adalah penyebab umum alergi rumah tangga. Mereka hidup di tempat-tempat berdebu dan menyukai lingkungan hangat dan lembap seperti kasur, bantal, dan karpet.

2. Bulu Hewan Peliharaan

Link Banner

Bulu hewan peliharaan seperti kucing dan anjing dapat menjadi alergen. Bulu yang rontok bisa menempel di perabotan atau beterbangan di udara, memicu reaksi alergi.

3. Serbuk Sari, Debu, Dan Jamur

Serbuk sari dari tumbuhan, debu rumah, dan spora jamur yang ada di udara bisa menyebabkan reaksi alergi seperti rhinitis, dengan gejala hidung tersumbat dan batuk kering.

4. Makanan

Beberapa jenis makanan seperti makanan laut, kacang-kacangan, dan susu sering menjadi pemicu alergi. Reaksi bisa bervariasi, mulai dari gatal-gatal hingga reaksi berat seperti mual-mual.

Beberapa makanan pemicu alergi
JANGAN DICAMPUR SUSU. Beberapa makanan yang kerap menjadi pemicu alergi, terutama saat dikombinasikan dengan produk susu. Foto: Johns Hopkins University

5. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu, seperti antibiotik penisilin, juga bisa memicu alergi. Gejala yang muncul bisa berupa ruam kulit, gatal, atau dalam kasus serius, syok anafilaktik.

Meskipun terdengar sepele, hal-hal ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan bagi penderita alergi.

Penting untuk mengenali pemicu alergi dan mengambil langkah-langkah pencegahan, seperti menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, serta berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *