KUATKAN TOLERANSI, FKAUB DIALOG LINTAS AGAMA DI PURA

SIARINDOMEDIA.COM – Di saat masih ada oknum yang menjadikan beda agama sebagai biang konflik, Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKAUB) Malang terus menebar spirit persaudaraan. Ini diwujudkan dalam bentuk dialog dan anjangsana sejumlah tokoh beragama ke Pura Buring Kedungkandang, Minggu siang (12/5/2024).

Pemuka agama dari Katolik, Protestan, Budha, Penghayat Kepercayaan serta puluhan umat baik lelaki dan wanita hadir dalam dialog yang dikemas kekeluargaan tersebut. Mereka duduk lesehan secara melingkar di hall pura.

Tampak hadir Pendeta David Tobing, Romo Suyanto, Romo Eko Atmono, Romo Mangku, Pendeta Chrysta BP serta Heru Andik dari penghayat kepercayaan.

Dalam kesempatan Romo Mangku selaku tuan rumah banyak menjelaskan sejumlah keunikan agama Hindu. Di antaranya ada ajaran memakai sebiji beras yang ditaruh di antara kedua mata. Ini disebutkan sebagai simbol sumber kehidupan. Beras itu dipasang selepas umat Hindu beribadah.

“Masing-masing agama punya cara sehingga tidak perlu dipertentangkan, ” kata Romo Mangku.

Pendeta David menyebut, program silaturahmi ini dalam upaya menjaga kerukunan sejati. Masing-masing umat beragama perlu saling mengenal sehingga tidak gampang terjadi salah paham. (ABM)

Link Banner
Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *