6 TIPS AGAR TIDAK TERPANCING EMOSI KETIKA ANAK REWEL SAAT PUASA

SIARINDOMEDIA.COM – Menjaga emosi tetap stabil mendapati anak rewel saat puasa dapat menjadi tantangan. Terkadang orang tua bisa terpancing emosinya.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin membantu mengatasi anak yang rewel saat puasa:

1. Ajarkan Anak untuk Lebih Sabar

Link Banner

Persiapkan anak sebelum bulan puasa dimulai. Jelaskan pentingnya puasa secara sederhana dan ajarkan nilai-nilai kesabaran dan pengendalian diri. Beri tahu mereka bahwa ini adalah waktu di mana kita berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih sabar.

2. Jadwalkan Aktivitas yang Tepat

Usahakan untuk menjadwalkan kegiatan yang tenang dan menyenangkan di siang hari untuk menghindari kelelahan dan frustrasi yang dapat memicu anak rewel karena lapar atau haus. Aktivitas seperti membaca Al-Quran, mewarnai, atau menonton film pendek bisa menjadi pilihan yang baik.

3. Berikan Perhatian Lebih

Ingatlah bahwa anak masih merasa lapar, haus, atau kelelahan saat berpuasa. Karena itu, berikan perhatian lebih dan beri mereka waktu lebih lama untuk beristirahat jika perlu.

Sahur bersama
BERI PERHATIAN KHUSUS. Selalu usahakan berbuka atau sahur bersama anak saat berpuasa. Foto: Ist

4. Dengarkan Keluhannya

Jika anak mulai rewel saat berpuasa, dengan sabar dan tunjukkan empati padanya. Jika masih rewel, tanyakan apa yang anak mau, dan biarkan ia membatalkan puasa jika benar-benar sudah tidak kuat lagi menahan lapar dan haus.

Bagaimanapun, anak-anak masih membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh kembangnya.

5. Berikan Contoh yang Baik

Jadilah contoh yang baik untuk anak selama puasa. Tunjukkan kesabaran dan pengendalian diri Anda sendiri, sehingga anak-anak dapat belajar dari Anda.

6. Selalu Ingatkan Tentang Manfaat Puasa

Jelaskan kembali manfaat puasa secara sederhana kepada anak, seperti meningkatkan kekuatan spiritual dan kesadaran sosial. Ini dapat membantu mereka memahami pentingnya kesabaran dan pengendalian diri dalam menjalani puasa.

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *