SIARINDO GOES TO JOMBANG

SIARINDOMEDIA.COM – Tim Siarindomedia goes to Jombang. Ini dalam rangka memberikan pembekalan kepada tim multimedia Pondok Pesantren Falahul Muhibbin, Watugaluh, Jombang, Senin (15/1/2024).

Di pesantren asuhan KH Nur Hadi (Mbah Bolong) tersebut, tim Siarindo yang terdiri dari Abdul Muntholib, Boy Febrianto, dan Abdul Haris Suadi menyampaikan tiga materi. Di antaranya; jurnalistik dan fotografi, pengembangan teknologi informatika (IT) dan videografi.

Di hadapan 16 peserta, Abdul Muntholib menyebut, dunia informasi sudah mengalami perubahan sangat cepat. Kalau dulu informasi hanya dikendalikan media mainstream, TV, radio dan koran, kini sudah banyak platform yang bisa jadi saluran.

Ada media sosial dan akses digital lain. Makanya, saat ini pesantren mau tidak mau harus bisa menguasai dunia digital. Sehingga tidak sampai ketinggalan informasi.

“Selain itu, dunia digital juga sangat efektif menyalurkan syiar agama dan pengetahuan dari pesantren,” ungkap Abdul Muntholib.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta juga mendapat tugas praktik menulis. Mereka diminta membuat tulisan jenis straight news. Temanya soal kegiatan pelatihan di pesantren. Dan tak lebih dari 20 menit setelah praktek menulis, karyanya langsung dievalusi.

Link Banner
SIARINDO GOES TO JOMBANG
LANGSUNG PRAKTIK: Boy Febrianto memberi paparan soal bagaimana pengambilan video yang jurnalistik di Ponpes Falahul Muhibbin, Jombang (15/1/2024)

“Secara prinsip, kalian sudah bisa menulis. Hanya pemilihan kata dan struktur kalimat secara jurnalistik yang belum bagus,” ulas Direktur Siarindomedia tersebut.

Di materi kedua, Abdul Haris mengupas soal tren teknologi 2024. Dalam paparannya, Haris mengajari strategi dan persiapan diri menghadapi industri 5.0. Salah satunya dengan membuat toals pembuatan narasi dalam jurnalistik yang berbasis Search Engine Optimation (SEO). (abm)

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *