MAPPILU MALANG RAYA DILANTIK, KETUA DPRD HINGGA WALI KOTA BERI APRESIASI

SIARINDOMEDIA.COM – Masyarakat dan pers pengawas Pemilu (Mappilu) Malang Raya resmi dilantik. Wali Kota dan Ketua DPRD Kota Malang mengapresiasi penuh pelantikan ini serta berharap organisasi ini dapat mengawal jalannya pesta demokrasi dengan baik.

Seperti yang disampaikan Wali Kota Malang Drs H Sutiaji dalam sambutan di acara pengukuhan Mappilu Malang Raya yang diselenggarakan Rabu (10/5/23) di Warung Tani, Dau Kabupaten Malang.

Menurut orang nomer satu di Pemkot Malang ini, pembentukan Mappilu sebagai bentuk wujud kepedulian insan pers terhadap proses demokrasi serta keberlangsungan roda pemerintahan.

“Di sisi lain, pilar demokrasi yang masih tak tergoyahkan adalah media. Dimana peran wartawan untuk menjaga keberlangsungan iklim demokrasi harus tetap didukung,” ungkapnya.

Sutiaji juga menyampaikan, peran lain dari para wartawan ialah dengan memberikan literasi kepada masyarakat. Dimana pendidikan untuk para pemilih (Voter’s Education) khusus untuk Kota Malang masih tertinggi di Indonesia.

Menurut Sutiaji, kesadaran dan wawasan yang tinggi dari para pemilih diharapkan dapat menghasilkan wakil rakyat dan pemimpin yang berkualitas, kompeten, berintegritas dan memiliki moral yang baik.

Link Banner

Dia mengakui, pesta demokrasi tahun depan ini diprediksi berat, lantaran harus mengawal Pilpres dan Pileg yang dilaksanakan awal tahun 2024. Serta yang kedua adalah Pilkada serentak yang digelar di 548 kota dan kabupaten seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika SE menyampaikan hal yang senada. Menurutnya, peran Mappilu ini tentu sangat membantu KPU. Dia pun sangat mengapresiasi pembentukan Mappilu, dan berharap pers juga mengajak masyarakat benar-benar memantau jalannya Pemilu.

“Mappilu simpul Kota Malang dapat berkantor di gedung DPRD Kota Malang,” ucap Made.

Hal ini sesuai dengan program kerjanya, yang membuka kantor Dewan untuk segala kegiatan masyarakat.

Link Banner

Ketua PWI Malang Raya Ir Cahyono sendiri dalam kesempatan ini mengungkapkan, organisasi bentukan PWI ini diharapkan dapat berkontribusi menyukseskan Pemilu 2024.

Mappilu diharapkan dapat membantu masyarakat ketika ada pelanggaran berat dalam proses Pemilu. Ini dapat langsung dipublikasikan yang kemudian dapat ditindaklanjuti lembaga yang berwenang.

“PWI Malang Raya sendiri beranggota ratusan yang terdiri dari 40 media. Diantaranya dari media cetak, online, televisi dan radio,” kata Cahyono.

Sedangkan Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim mengacungi jempol pengukuhan ini. Dia mengatakan Mappilu Malang merupakan Mappilu pertama dibentuk di Jatim. Meskin dalam pelantikannya berurut yang ketiga.

Lutfil menilai, pelantikan ini merupakan bukti masyarakat pers juga ikut bertanggungjawab terhadap keberlangsungan bangsa melalui Pemilu. Bukti pertanggungjawaban tidak hanya melalui berita, namun secara personal juga terjun langsung mengawasi jalannya pemilihan umum.

Hal ini agar Pemilu tahun depan berjalan lancar dan sukses. Melalui penyelenggaraan pesta demokrasi yang berkualitas, diharapkan melahirkan para wakil rakyat dan pimpinan negara yang berkualitas pula.

Author

  • Dedik Achmad

    Kuli tinta yang gemar rebahan sekaligus doyan makan. Namun terobsesi pengen jadi manusia yang manfaat dunia akherat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *