MAHASISWA ITN MALANG JUARAI LOMBA TENDER COMPETITION 2023

SIARINDOMEDIA.COM – Tim mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang berhasil menjuarai lomba Civil Tender Competition CEEXO 2023.

Dijelaskan oleh juru bicara tim ini, Yuda Arya Pangestu, lomba ini diikuti 25 tim dari berbagai perguruan tinggi, termasuk beberapa perguruan tinggi negeri besar ternama.

Lomba Civil Tender Competition CEEXO, ini diselenggarakan oleh Universitas Kristen Indonesia (UKI).

“Perbedaan dari lomba sebelumnya, kali ini ada perhitungan analisa struktur, dan gambar kerja,” ungkap Yuda, Senin (8/5/2023) di kantor Humas ITN.

Mahasiswa semester delapan ini selanjutnya menyampaikan pula, jika persiapann lomba cuma dua minggu. Lantaran keterbatasan waktu dan tempat, tim ini koordinasi lewat Zoom.

“Beruntung dari panitia memberi  perpanjangan waktu enam jam. Deadline jam 12 malam diperpanjang hingga pagi,” ucapnya.

Menurutnya, faktor utama kemenangan dalam kompetisi ini ialah pengajuan tender tim ITN ini paling murah. Tim yang diberi nama Spectra Yudisium mengajukan Rp420 Juta. Beda dengan tim kampus lain yang mengajukan hingga angka Rp1,2 Miliar.

“Dengan ketentuan membuat rumah tinggal tahan gempa. Menurut juri angka yang diajukan tim kami masuk akal,” ungkapnya.

Dengan angka yang diajukan tim ITN ini berbagai inovasi diterapkan. Diantaranya dengan menerapkan pengerasan beton yang mengganti semen dengan Fly Ash. Maka  pelaksanaan pengerjaan dapat menekan durasi pengerjaan hingga mengurangi biaya tenaga kerja.

Kompetisi Civil Tender CEEXO in diselenggarakan secara online pqda 12 April hingga 30 April 2023. Pengumuman lomba ini dipublikasikan pada 4 Mei lalu.

Selain Yuda, ada anggota tim Spectra lain, diantaranya Edwin Yudha dan Nadya Rachma Aprilia. Mereka didampingi oleh dosen pendamping Dr Yosimson P Manaha ST MT.

Wakil Rektor III ITN Malang Dr Hardianto ST MT, mewakili pimpinan kampus mengapresiasi kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dalam bidang Co-kurikuler. Termasuk kegiatan lomba-lomba dibidang akademik seperti yang diikuti HMJ Teknik Sipil.

Menurutnya dengan diraihnya prestasi ini, dapat meningkatkan poin penilaian di pemeringkatan kemahasiswaan atau SIMKATMAWA.

Author

  • Dedik Achmad

    Kuli tinta yang gemar rebahan sekaligus doyan makan. Namun terobsesi pengen jadi manusia yang manfaat dunia akherat.

    Lihat semua pos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *