MENPORA PASTIKAN BALI SEBAGAI HOST WORLD BEACH GAMES 2023

SIARINDOMEDIA.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan Bali akan tetap menjadi host ajang World Beach Games 2023. Fakta tersebut didapat setelah pertemuan antara Menpora, Gubernur Bali dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Rumah Dinas Gubernur Bali, Denpasar, Jumat (14/4/2023).

“Hasil diskusi membawa keberkahan, ada satu pertemuan dan kesepakatan bahwa Pemerintah Provinsi Bali dan Gubernur Bali seribu persen mendukung penyelenggaraan World Beach Games 2023,” ujar Menpora Dito.

Sebelumnya, polemik penolakan Gubernur Bali, I Wayan Koster terkait status Bali sebagai tuan rumah sempat memanas. Menurut Koster, sikap penolakannya terhadap kontingen Israel berdasarkan Konstitusi Republik Indonesia dan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu).

“Berdasarkan pada konsistusi. Yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019,” kata I Wayan Koster usai menghadiri kegiatan di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu (5/4/2023), dikutip dari Kompas.com Regional.

Link Banner

Menurut Permenlu tersebut, Indonesia tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel.

Selanjutnya, tertuang sebuah larangan di Permenlu itu soal pengibaran atau penggunaan bendera, lambang, atribut lainnya, dan pengumandangan lagu kebangsaan Israel di Indonesia.

“Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam Peraturan Menteri Luar Negeri tidak bola menyanyikan lagu kebangsaan Israel,” imbuh Koster.

Namun Menpora Dito mencoba mengatasi polemik tersebut dengan mengadakan komunikasi secara intens dengan Gubernur Bali. Menteri berusia 32 tahun tersebut kemudian memediasi antara Gubernur Koster dengan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari secara langsung.

“Alhamdulillah pada suasana Ramadan ini kita menjalin silaturahmi dan bisa mencapai hasil-hasil yang jadi satu titik temu yaitu kesepakatan tentang ini,” ucap Dito.

Sementara itu, Gubernur Bali I Wayan Koster menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan World Beach Games 2023. Dia berharap penyelenggaraan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai konstitusi.

“Baru saja kami berdiskusi bersama Pak Menpora dan Pak Okto (Ketum KOI). Kita membicarakan agar bagaimana World Beach Games ini berjalan dengan baik dan segi tata kelola berjalan dengan lancar,” kata Koster.

“Oleh karena itu, sudah ada kesepakatan Bali tuan rumah maka Pemprov Bali dan saya tentunya, saya akan memberi dukungan penuh agar acara ini berjalan lancar dan sukses. Intinya World Beach Games sesuai amanat konstitusi,” tutup Koster.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *