SEPAK BOLA WANITA ARAB SAUDI UKIR MOMEN BERSEJARAH

SIARINDOMEDIA.COM – Pada tahun 2021 Monika Staab mengambil alih posisi pelatih tim nasional wanita Arab Saudi. Tujuan utamanya adalah menyiapkan dan mengembangkan tim.

Dalam sebuah wawancara dengan FIFA.com, Staab mengatakan hanya bisa memberikan konsep abstrak dan itu dikembalikan pada kedaulatan para pemain untuk mengeksekusinya.

Seiring berjalannya waktu, konsep yang tawarkan pelatih berkebangsaan Jerman itu mengalami inovasi dan sepak bola wanita di Arab Saudi terus berkembang pesat. Staab sejak itu langsung ditunjuk sebagai direktur teknik dan posisinya sebagai kepala pelatih tim nasional digantikan oleh Finn Rosa Lappi-Seppala.

Monica Staab
ASAL JERMAN. Monica Staab, pelatih tim sepak bola wanita Arab Saudi. Foto: SAFF

Arab Saudi adalah contoh nyata bagaimana sepak bola memiliki kekuatan untuk menginspirasi perubahan sosial yang lebih luas.

Misalnya, kerajaan telah mendirikan liga wanita kasta pertama dan kedua yang melibatkan 25 tim (Liga Utama dan Liga Divisi Pertama). Di sisi lain, Arab Saudi menciptakan pusat pelatihan regional untuk anak perempuan berusia 6 hingga 17 tahun dan memperkenalkan tim wanita U-17.

Lebih jauh lagi, tahun 2023 sudah ada lebih dari 1.000 pelatih dengan berbagai lisensi dan hampir 50.000 perempuan mengikuti liga sekolah. Jumlah tersebut lebih banyak daripada tahun 2021 dibandingkan yang hanya berjumlah 119 pelatih.

Link Banner

Secara keseluruhan, jumlah wasit meningkat 66% dan jumlah klub meningkat 56% dalam waktu singkat.

“Apa yang dicapai gadis-gadis ini hanya dalam waktu satu setengah tahun sungguh luar biasa,” kata Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) Yasser Al Misehal.

Yasser menambahkan, sejak 2019 SAFF telah berhasil membangun tim nasional, liga utama, divisi pertama, liga sekolah, dengan 50.000 anak perempuan mendaftar dan dalam beberapa minggu terakhir memperkenalkan tim nasional U-17.

“Hanya dalam 2 tahun kami hampir dua kali lipat jumlah pemain terdaftar, klub, wasit dan staf dan terlihat pertumbuhan 800% dalam jumlah pelatih. Statistik semua sepak bola bisa dibanggakan dan itu hanya menunjukkan apa yang mungkin terjadi saat Anda menyukai permainan ini,” terangnya.

Link Banner

“Kami berkomitmen penuh untuk menawarkan kesempatan yang sama bagi anak laki-laki dan perempuan, dalam olahraga dan lainnya. Misalnya, tim nasional kami mendapatkan tunjangan harian yang sama saat mewakili negara mereka, tanpa memandang jenis kelamin. Mereka berbagi tempat latihan yang sama, tinggal di akomodasi dengan kualitas yang sama, dan memiliki akses ke peralatan dan sumber daya yang sama,” Yasser menjelaskan.

Yasser Al Misehal SAFF
KOMITMEN PENUH. Yasser Al Misehal, Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF). Foto: Ist/The National

“Atas nama semua orang di sepak bola Saudi, saya ingin berterima kasih kepada setiap pemain, anggota staf pelatih, penggemar, ibu, ayah, saudara perempuan dan laki-laki atas dukungan mereka. Ini hanyalah awal dari sesuatu yang sangat istimewa,” imbuhnya.

Proyek yang sudah selesai ini adalah bagian dari strategi yang lebih luas untuk sepak bola wanita Arab Saudi, dengan tim yang pada akhirnya bertujuan untuk berhasil lolos ke Piala Dunia Wanita FIFA.

Selain itu, mereka juga mencapai tonggak penting lainnya baru-baru ini ketika mereka memasuki peringkat FIFA/Coca-Cola Wanita terbaru di tempat ke-171.

“Tim nasional kami membuat sejarah ketika didirikan 18 bulan lalu, dan sejak itu perjalanan mereka telah menginspirasi jutaan orang di seluruh Arab Saudi dan kawasan. Memasuki Peringkat FIFA telah menjadi momen yang sedang kami bangun, dan menandakan awal dari apa yang ingin kami capai dengan gadis-gadis ini”, ujar Lamia Bahaian, Supervisor dari Departemen Sepak Bola Wanita dan anggota dewan SAFF.

“Mereka dapat menulis sejarah mereka sendiri sekarang. Kami juga sudah aktif berkolaborasi dengan banyak badan dan federasi global dan mengundang dunia untuk bergabung dengan kami dalam gerakan sepak bola wanita kami karena kami berusaha untuk memberikan platform yang benar-benar layak,” lanjutnya.

Aalia Al Rasheed, Direktur Pelaksana departemen Sepak Bola Wanita di Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF), juga antusias dengan perkembangan sepak bola wanita di negara asalnya.

“Anda tidak dapat membayangkan betapa bangganya saya terlibat dalam pengembangan sepak bola wanita di Arab Saudi dan melihat pertumbuhan luar biasa yang telah dialaminya sejak awal,” katanya dalam edisi keempat program pemimpin wanita di Lausanne.

“Sejak SAFF membentuk departemen terpisah untuk sepak bola wanita, kami telah berhasil mempromosikan permainan ini dan memberi setiap orang, bukan hanya pemain, kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mereka. Kami sangat bangga dengan kemajuan kami dan fondasi kokoh yang telah dibangun sejak saat itu,” papar Aalia Al Rasheed.

Tim sepak bola wanita Arab Saudi vs Bhutan
PERKEMBANGAN LUAR BIASA. Tim sepak bola wanita Arab Saudi saat melawan Bhutan beberapa waktu lalu. SAFF

Dia menekankan bahwa SAFF bertujuan untuk menciptakan seluruh ekosistem – dari akar rumput hingga pelatihan kepemimpinan, hingga memastikan bahwa ada pelatih dan wasit yang baik untuk memajukan permainan dan menjadi tuan rumah berbagai kompetisi.

Melamar menjadi tuan rumah Piala Asia Wanita AFC 2026 menandai langkah penting lainnya dalam membawa sepak bola wanita Arab Saudi ke level baru, dan memberikan contoh upaya negara tersebut untuk memanfaatkan potensi yang tidak terpakai dan menciptakan peluang bagi wanita dan anak perempuan di seluruh Asia.

“Perjalanan sepak bola saya dimulai pada tahun 2011, pada usia 14 tahun. Salah satu teman dekat saya menemukan saya bermain sepak bola di sekolah dan mengundang saya ke sesi latihan dengan timnya. Setelah menyelesaikan studi saya, saya ingin memberi lebih banyak anak perempuan akses ke sepak bola, jadi saya bergabung dengan Kementerian Olahraga untuk membuka pintu dan memberikan kesempatan kepada para gadis untuk memainkan olahraga yang mereka sukai,” jelas Al Rasheed, yang ditunjuk untuk memimpin departemen sepak bola wanita di SAFF pada Mei 2022.

“Saya benar-benar percaya bahwa perkembangan dan perubahan yang sedang berlangsung dalam sepak bola wanita di Arab Saudi adalah salah satu kisah paling menarik di dunia sepak bola. Perkembangan permainan mencerminkan sebagian besar perubahan yang saat ini terjadi di banyak wilayah di seluruh kerajaan,” pungkasnya.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *