JELANG RAMADHAN, PEDAGANG BUAH PASAR GADANG MULAI NYETOK BUAH TERTENTU

SIARINDOMEDIA.COM – Menyambut bulan Ramadhan yang tinggal hitungan hari, sebagian pedagang di Pasar Gadang Kota Malang mulai menyetok buah-buahan yang banyak dicari pembeli seperti blewah, melon, cincau, kolang kaling.

Selain itu, juga ada beberapa jenis buah yang mengalami peningkatan permintaan di bulan puasa.

Salah satu pedagang mengatakan buah-buahan yang meningkat penjualannya di bulan Ramadhan adalah buah impor. Kelengkeng dan anggur hijau, contohnya.

“Saat ini yang naik hanya buah import seperti kelengkeng per kilo menjadi Rp. 45.000 dan anggur hijau menjadi 50.000 sampai 95.000 per kilo”, ujar seorang pedagang buah di Pasar Gadang, saat ditemui oleh reporter Siarindo Media, Jumat (17/3/23).

Sedangkan pedagang blewah dan melon mengatakan ketika menjelang puasa seperti ini banyak pelanggan yang membeli dagangannya. Biasanya para pelanggan yang akan berjualan takjil ketika bulan puasa akan membeli beberapa buah tertentu.

“Kalau menjelang puasa begini ya mulai rame orang membeli blewah,” kata pedagang blewah di Pasar Gadang.

Link Banner
Lapak jual melon
NYETOK. Pedagang Pasar Gadang mulai menyetok buah-buahan tertentu menjelang Ramadhan. Foto: Yusrir Roisati

Beberapa pedagang lain juga terlihat menjual buah yang tidak melulu tersedia di musim tertentu seperti, bengkuang, buah naga, nanas, pisang, pepaya, dll.

Meskipun begitu buah-buahan tersebut tetap laris diburu pembeli untuk bahan dagangannya yang nantinya mereka olah atau jual kembali. Mereka memilih kulakan di Pasar Gadang mengingat pasar ini merupakan pasar induk terbesar di Kota Malang, sehingga harganya sedikit di bawah harga di pasar-pasar lainnya.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *