KELAS TIRAKAT MENULIS UKM LKP2M UIN MALANG

SEBUAH UPAYA UNTUK MEMBENTUK KEBIASAAN MEMBACA DAN MENULIS

SIARINDOMEDIA.COM – Rabu (15/2/2023) adalah hari terakhir kelas Tirakat Menulis. Kelas Tirakat Menulis adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Kajian, Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa (LKP2M) UIN Malang yang digelar saat libur semester. Agenda tersebut telah dimulai sejak tahun 2020 tepat ketika pandemi corona melanda.

UKM LKP2M sendiri adalah unit kegiatan mahasiswa yang fokus pada kajian, penelitian dan pengembangan mahasiswa. Ada beberapa kegiatan rutin selain kelas Tirakat Menulis yang dimiliki UKM penelitian tersebut, salah satunya menulis artikel ilmiah di jurnal LoroNG.

Dalam tahap pelaksanaannya, kelas Tirakat Menulis dilaksanakan selama satu bulan. Selama satu bulan tersebut, para peserta akan diberi latihan berupa menyusun kalimat, mengubah kalimat dan setor bacaan.

“Penugasan yang diberikan selama dua minggu terakhir, aku rasa berguna untuk dasar kepenulisan. Kelas Tirakat Menulis memaksa kami untuk membaca,” terang Maya, salah satu peserta kelas Tirakat Menulis gelombang 7.

Setalah menjalani tahap-tahap dan materi yang diberi oleh pelatih, output tekahir kelas tersebut adalah submit naskah di media online.

Media online dipilih sebagai tempat submit karena pelatih menginginkan agar para peserta dapat mengikuti narasi-narasi yang berkembang di media online.

Link Banner

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *