KONSUMSI RUTIN STROBERI TINGKATKAN KESEHATAN JANTUNG

SIARINDOMEDIA.COM – Mengkonsumsi segenggam stroberi setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung. Demikian hasil penelitian ilmiah yang baru-baru ini dipublikasikan.

Studi The Global Burden of Disease menunjukkan bahwa pola makan rendah buah adalah salah satu dari tiga faktor resiko teratas penyebab penyakit kardiovaskular (gangguan pada jantung) dan diabetes.

“Untuk itu, kita perlu meningkatkan jumlah total buah yang kita konsumsi, termasuk variasi jenisnya,” kata Britt Burton-Freeman, dikutip dari sebuah jurnal ilmiah.

Profesor di Institut Teknologi lIllinois itu menjelaskan begitu banyak penelitian yang mengaitkan manfaat konsumsi buah-buahan dengan kesehatan. Gangguan kardiometabolik (resiko penyebab penyakit jantung dan diabetes tipe 2, red) dapat dihindari jika seseorang rutin memasukkan buah-buahan dalam menu makan kesehariannya.

“Segenggam stroberi setiap hari berefek menakjubkan yang menguntungkan bagi kesehatan,” tutur Burton-Freeman.

Menurut penelitian tersebut, manfaat kardiometrik dari makan stroberi dapat mengurangi kadar kolesterol dan gula darah, relaksasi pembuluh darah, penurunan resistensi insulin serta mengurangi peradangan.

Link Banner

Sementara itu, Arpita Basu, dekan di Universitas Nevada, Las Vegas, mengatakan studi yang dilakukan secara acak pada 33 orang dewasa yang obesitas, menunjukkan dua setengah cangkir stroberi per hari ternyata signifikan meningkatkan resistensi insulin.

“Penelitian kami mendukung peran stroberi sebagai ‘makanan obat’ untuk pencegahan diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular pada orang dewasa,” ujarnya.

Sedangkan hasil berbagai penelitian lainnya membuktikan buah yang kerap menjadi bahan campuran olahan untuk aneka makanan ini dapat melindungi terhadap kanker tertentu. Stroberi juga memberikan banyak manfaat bagi para penderita tekanan darah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *