TEPAT 1 ABAD NU, KH MARZUQI MUSTAMAR RESMI RAIH GELAR DOKTOR

SIARINDOMEDIA.COM – Pengukuhan KH. Marzuqi Mustamar digelar di Universitas Islam Malang pada Selasa, (31/1/2023) atau tepat 1 abad NU. Di hadapan para penguji dan tamu undangan, Kyai Marzuqi resmi menjadi seorang doktor di bidang Pendidikan Agama Islam Multikultural.

Promosi doktor dihadiri oleh keluarga besar, para tokoh, dan para santri. Dibuka dengan lagu Indonesia Raya, Subbanul Wathan, dan Sholawat Nurul Anwar menambah kekhidmatan tersendiri.

Menyanyikan Subbanul Wathan
(KH Marzuqi Mustamar menyanyikan Subbanul Wathan. Photo: Ist/Tim Media Ponpes Sabilurrosyad)

KH Marzuqi memgusung judul “Pemikiran Prof. Dr. KH Muhammad Tolchah Hasan dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Abah, sapaan akrabnya di kalangan para santri, menyelesaikan disertasinya dan mendapat predikat A dengan pujian.

KH Marzuqi mengungkapkan latar belakang mengangkat judul tersebut karena pentingnya menjaga keseimbangan moderasi demi tercapainya harmoni dan kemaslahatan.

“Ini sesuai dengan gagasan Kyai Tholchah bagaimana mengedukasi ummat mempersiapkan calon-calon pemimpin di ummat yang punya wawasan keseimbangan untuk bersikap i’tidal, tawasut, dan, tawazun,” ujar Abah sebagaimana dilansir ponpesgasek.id, Rabu (1/2/2023).

Salah satu penguji, Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, M.A. mengungkapkan bahwa kelemahan bangsa Indonesia itu kurang mempromosikan tokoh-tokohnya. Imam Besar Masjid Istiqlal itu menambahkan, pada akhirnya tokoh-tokoh tersebut hanya dikenal oleh orang-orang yang mengenal di kalangannya saja.

Link Banner

“Tokoh-tokoh yang sekarang ini juga jarang dinikmati oleh penerus kita yang akan datang. Dengan ditulisnya sebuah disertasi seperti ini maka itu kita akan memberikan warisan intelektual bahwa ada figur, ada tokoh multitalenta,” terang Nasaruddin Umar merujuk pada sosok KH Muhammad Tolchah Hasan.

Nasaruddin Umar streaming youtube
(Nasaruddin Umar dalam telekonferens saat pengukuhan gelar doktor KH Marzuqi Mustamar. Photo: Ist/Streaming Youtube)

Pengukuhan gelar doktor KH Marzuqi Mustamar disambut gembira para santri Pondok Pesantren Sabilurrosyad. Apalagi gelar doktor tersebut merupakan yang pertama kalinya di Ponpes Sabilurrosyad.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *