MENKEU-MENSOS TINJAU PROGRAM PENANGANAN KEMISKINAN TERPADU DI KABUPATEN MALANG

SIARINDOMEDIA.COM – Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Sosial Tri Rismaharini, Jumat (20/1/2023) melakukan kunjungan kerja untuk meninjau Program Penanganan Kemiskinan Terpadu di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Kunker kedua menteri tersebut didampingi oleh Bupati Malang, Sutiaji, serta Wabup Didik Gatot Subroto.

Menkeu, Mensos, Bupati Malang serta Wakil Bupati Malang langsung meninjau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Pahlawan Ekenomi Nusantara (PENA), Rumah Sejahtera Terpadu (RST), ATENSI Disabilitas, ATENSI Yatim Piatu, Program Permakanan Lansia dan Disabilitas. Mereka kemudian menyapa para penerima manfaat penyandang disabilitas yang memperagakan penggunakan tongkat penuntun adaptif, penerima manfaat ATENSI berupa kewirausahaan.

Peninjauan berlanjut pada penerima manfaat PENA berupa usaha bakso, Marie wijen, dan jajanan pasar lainnya, hingga kewirausahaan pengrajin rotan sintetis, dan usaha jual terpal kolam lele.

Mensos Risma mengatakan kepada Menkeu Sri Mulyani, pihaknya berkolaborasi dengan Bank Indonesia untuk melakukan intervensi kemiskinan ekstrem dengan progam-program pemberdayaan, salah satunya Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA).

Link Banner

“Integrasi melalui tiga fase, yaitu pemulihan sosial, fase transisi, dan fase pengembangan, diharapkan mampu untuk mewujudkan percepatan penghapusan kemiskinan ekstreem tahun 2024,” ujar Risma

Sementara itu, Bupati Malang Sanusi menyambut antusias dan akan siap mendukung berbagai Program Penanganan Kemiskinan Terpadu untuk warga masyarakat yang ada di Kabupaten Malang.

Setelah itu, Menkeu, Mensos, Bupati dan Wakil Bupati Malang beserta rombongan lainnya meninjau langsung pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Desa Ngabab Kecamatan Pujon. Lalu dilanjut dengan meninjau SLB Tamima Mumtaz, di Dusun Krajan, Desa Pujon Kidul.

Tri Risma berpesan kepada Bupati Malang untuk turut membantu berupa sarana prasaran yang di butuhkan SLB. Mensos juga mengatakan akan memberikan bantuan pembangunan gedung dan kendaraan yang rencananya akan dianggarkan tahun ini.

Dalam kunjungan kerja tersebut, juga hadir Anggota DPR RI Komisi XI Ir. Andreas Eddy Susetyo, M.M., PJ. Walikota Batu, Wakil Wali Kota Malang, Jajaran Kemenkeu RI beserta para pendamping PKH, Dinsos Prov. Jatim beserta jajaran Pemprov Jatim, serta sejumlah Jajaran Perangkat Daerah Malang Raya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *