DK PBB SETUJUI GENCATAN SENJATA ISRAEL-HAMAS USULAN AS

DUBES ALJAZAIR: SECERCAH HARAPAN BAGI PALESTINA

SIARINDOMEDIA.COM – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) resmi menyetujui resolusi gencatan senjata Israel-Hamas di Jalur Gaza yang diusulkan Amerika Serikat (AS). Resolusi yang juga menyerukan pembebasan segera ini didukung oleh 14 suara DK lainnya. Sementara Rusia memilih abstain.

Reuters melaporkan, Hamas menyambut baik penerapan resolusi yang dirancang dan mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan para mediator dalam proses penerapan prinsip-prinsip rencana  “yang konsisten dengan tuntutan rakyat dan perlaawanan kami.”

Diketahui,resolusi tersebut mendukung rencana gencatan senjata tiga fase yang telah ditetapkan oleh Biden pada 31 Mei lalu. Di dalamnya dinyatakan apabila perundingan memakan waktu lebih dari enam minggu untuk tahap pertama, maka gencatan senjata akan tetap berlanjut selama perundingan berlanjut.

“Hari ini kami memilih perdamaian,” kata Duta Besar AS untuk PBB, yakni Linda Thomas-Greenfield.

Mereka memastikan Israel telah menerima wacana gencatan senjata yang disetujui.

Dubes Aljazair yang menjadi satu-satunya anggota DK dari Arab meyakini resolusi itu dapat mewakili sebuah langkah maju menuju gencatan senjata yang segera dan langgeng.

Link Banner

“Ini menawarkan secercah harapan bagi Palestina. Sudah waktunya menghentikan pembunuhan,” ujar Amar Bendjama.

Sementara dari pihak Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia menanyakan apa yang secara khusus disetujui Israel dan mengingatkan Dewa Keamanan tidak boleh menandatangani perjanjian dengan parameter yang tidak jelas.

“Kami tidak ingin menghalangi resolusi tersebut hanya karena, sejauh yang kami pahami, resolusi tersebut didukung dunia Arab,” kata Nebenzia.

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *