SMA TAMAN HARAPAN MERIAHKAN PERAYAAN IMLEK DENGAN PERTUNJUKAN BARONGSAI

SIARINDOMEDIA.COM – Semangat perayaan Tahun Baru Imlek 2024 terasa meriah di SMA Taman Harapan Malang dengan pertunjukan barongsai yang digelar di halaman SMA Taman Harapan, Senin (12/2/2024).

Para siswa dan guru sekolah menyambut kedatangan Tahun Baru Imlek dengan penuh semangat dan antusiasme melalui pertunjukan budaya yang spektakuler ini.

Kepala Sekolah SMA Taman Harapan, Palupi Yamini S.Pd. mengutarakan, bahwa agenda ini diikuti oleh satuan pendidikan mulai dari SD hingga SMA.

“Perayaan Imlek bersama SD, SMP dan SMA tahun ini dilaksanakan di halaman sekolah SMA Taman Harapan  dengan menghadirkan barongsai,” ujar Palupi.

Berbagi kebahagiaan di Imlek
BERBAGI KEBAHAGIAAN DI PERAYAAN IMLEK. Para guru, staf dan siswa SMA Taman Harapan turut merayakan Imlek dengan menggelar pertunjukkan barongsai. Foto: Ist

Selain itu, Palupi menilai pentingnya perayaan Imlek ini sebagai wujud apresiasi terhadap keberagaman budaya yang ada di sekolah. Mengingat SMA Taman Harapan sendiri merupakan sekolah multikultural yang terdiri dari berbagai macam etnis, budaya, ras, bahasa hingga agama.

“Suasana kerukunan dan toleransi antar agama dan etnis di lingkungan sekolah SMA Taman Harapan Malang tampak menonjol  pada hiasan di joglo sekolah saat hari besar keagamaan dan kegiatan sekolah sehari-hari,” ungkap Palupi.

Link Banner

“Saat ini joglo SMA Taman Harapan dihias dengan pohon sakura dan diberi hiasan amplop angpao. Setiap anak mengambil satu amplop yang didalamnya berisi nomer undian. Amplop ditukar dengan bingkisan sesuai nomer amplop,” imbuhnya.

Pohon Keberuntungan
POHON KEBERUNTUNGAN. Para siswa tengah memilih amplop yang akan ditukar dengan hadiah. Foto: Ist

Dalam momen ini, para siswa dan guru sekolah serta para tamu undangan menyaksikan pertunjukan dengan kagum. Mereka terpesona oleh keahlian dan ketangkasan para penari barongsai dalam memainkan peran binatang mitologis yang dianggap sebagai lambang keberuntungan dan kekuatan dalam budaya Tionghoa.

Dengan pertunjukan barongsai yang meriah, SMA Taman Harapan berhasil menciptakan atmosfer perayaan yang penuh kegembiraan dan keakraban. Semangat keberagaman dan saling penghargaan terus ditanamkan dalam lingkungan sekolah, menjadi cermin dari semangat kebersamaan yang dijunjung tinggi di SMA Taman Harapan.

“Dengan melihat kerukunan dan toleransi antar agama dan etnis yang ada di lingkungan sekolah SMA Taman Harapan Malang dapat menjadi sebuah solusi mengatasi permasalahan intoleran, radikal, anarkhis  yang akhir-akhir ini berkembang di masyarakat khususnya Kota Malang,” ucap Palupi.

Link Banner

“Semoga di Tahun Naga ini membawa keberuntungan, kesehatan dan kemakmuran bagi kita semua,” pungkasnya.

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *