KORMI KOTA MALANG SIAP JADI TUAN RUMAH FORDA 1 JATIM

SOFYAN EDI JARWOKO: FORDA 1 JATIM SEBAGAI LANGKAH AWAL PERTUMBUHAN OLAHRAGA REKREASI DI KOTA MALANG

SIARINDOMEDIA.COM – Dalam agenda Workshop Jurnalistik Olahraga Rekreasi yang digelar di Gedung Malang Creative Center (MCC) hari Kamis (6/4/2023), Sofyan Edi Jarwoko selaku Ketua Umum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Malang menyampaikan dalam stadium generalnya bahwa KORMI Kota Malang siap menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekresi Daerah (Forda) 1 KORMI Jatim Mei mendatang.

Keputusan tersebut dirasa penting. Sebab, bagi Edi, event Forda pertama tersebut bisa menjadi awal pertumbuhan olahraga rekreasi di Kota Malang.

“Kota Malang adalah salah satu kota yang bagus untuk sport tourism maupun sport industry,” ujar Ketum KORMI Kota Malang.

Selain menjelaskan kesiapan KORMI Kota Malang menjadi tuan rumah Forda 1 Jatim 2023, Edi juga memberi penjelasan mengenai sejarah dan latar belakang berdirinya KORMI itu sendiri.

KORMI sendiri adalah satu-satunya wadah berhimpun dari organisasi-organisasi olahraga rekreasi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, baik secara nasional maupun daerah.

Selain itu, olahraga yang di bawah naungan KORMI adalah jenis olahraga yang dilakukan oleh masyarakat yang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya masyarakat setempat yang dilakukan secara terus-menerus untuk Kesehatan, kebugaran dan kegembiraan.

Link Banner

Penjelasan tersebut secara resmi dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan.

Di sisi lain, Edi juga menjelaskan terkait penetapan nama KORMI. Semula pada September tahun 2000 organisasi ini memiliki nama awal FOMI atau Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia. Kemudian 9 tahun setelah itu, FOMI diubah menjadi FORMI atau Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia yang ditetapkan melalui surat nomor 007/MunasFOMI/XII/2009 Tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia.

Selanjutnya, pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) 28 September 2020, nama FORMI diubah menjadi KORMI atau Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia. Dan akhirnya pada tahun 2023, akronim KORMI diubah dengan menghapus kata “rekreasi” sehingga menjadi Komite Olahraga Masyarakat Indonesia.

Keputusan Edi untuk merekomendasikan Kota Malang sebagai tuan rumah Forda 1 Jatim tersebut, tepat pada pertengahan tahun 2022 selepas dia didaulat sebagai ketum KORMI Kota Malang.

Link Banner

“Pertama saya tanya, teman-teman gimana kalua kita menawarkan tuan rumah Forda?” ujarnya saat awal mula keputusan ini lahir.

“Kemudian kita kirim surat ke Gubernur,” lanjutnya.

Forda 1 Jatim yang akan digelar di Kota Malang bulan Mei mendatang melibatkan 31 jenis olahraga, 109 nomor pertandingan dan 17 vanue indoor maupun outdoor.

“Poinnya di sini adalah membudayakan warga dan masyarakat supaya berolahraga,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Malang tersebut.

“Dan masyarakat sebagai nilai-nilai yang harus dijunjung tinggi yang bisa diangkat. Dan mampu menyehatkan dan membuat gembira masyarakat. Di situ poinnya,” pungkasnya.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *