TIPS AMAN BERPUASA BAGI PENDERITA MAAG

SIARINDOMEDIA.COM – Nur Widyaning, Ahli gizi RSI Unisma Malang membagikan setidaknya 4 tips agar terhindar penyakit maag saat berpuasa.

Dia mengungkapkan pada dasarnya penderita maag memang dianjurkan untuk tidak melewatkan waktu makan, tetapi bukan berarti tidak diperbolehkan untuk berpuasa.

Melansir dari web resmi RSI Unisma, dirinya menguraikan 4 tips nyaman berpuasa bagi penderita penyakit maag, di antaranya:

Pantang tidur setelah sahur

Penderita maag disarankan menunggu setidaknya 3 jam setelah makan sebelum berbaring guna mencegah asam lambung naik (American Journal Gastroenterology, 2005).

Makan dengan tidak terburu-buru

Link Banner

Makan secara perlahan dapat membantu pemecahan molekul makanan dengan baik. Jika makanan dikunyah secara perlahan maka peran enzim ptialin dapat bekerja secara optimal.

Berbuka puasa secukupnya

Berbuka puasa sebaiknya diawali dengan makanan yang ringan kemudian dapat dilanjutkan sholat Maghrib, setelah itu baru makan besar.

Apabila terasa masih lapar pada malam hari atau setelah sholat tarawih, bisa dengan mengkonsumsi camilan yang sehat seperti buah-buahan (kurma, pisang, dan pepaya).

Tidak memakan makanan yang dapat memicu sakit maag

Sebaiknya menghindari makanan yang terlalu berlemak, termasuk makanan yang berbumbu terlalu tajam (makanan pedas, makanan asam).

Hindari juga minuman yang bersoda ataupun minuman yang mengandung tinggi kafein (kopi dan teh).

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *